BBKSDA Riau Dampingi Kegiatan KTH dan Pokdarwis Bentukan Tahun 2021

Senin, 01 Agustus 2022

Pekanbaru, 1 Agustus 2022 - Pendampingan Kelompok Tani Hutan (KTH) Melati Indah dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Negeri Enam Tanjung di Desa Buluh Cina, Kecamtan Siak Hulu, Kabupaten Kampar dilakukan petugas Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I pada Selasa dan Rabu, 26-27 Juli 2022.

KTH dan Pokdarwis dibentuk pada tahun 2021 dan pendampingan ini dilakukan untuk  mengetahui progres unit usaha yang dikembangkan masing-masing kelompok.

Untuk KTH Melati Indah, unit usaha yang telah berjalan yaitu usaha kuliner, sedangkan unit usaha ikan salai dan cinderamata masih menemui kendala. Namun telah dicapai kesepakatan kelompok untuk menyelesaikan kendala tersebut. Unit usaha ikan salai dan cinderamata berkomitmen untuk menjalankan usahanya pada bulan Agustus 2022.

Untuk Pokdarwis Negeri Enam Tanjung, unit usaha yang telah berjalan dengan baik yaitu penyewaan tenda perkemahan, sedangkan dua unit usaha lainnya yaitu penyewaan sepeda dan perahu baling-baling masih menemui kendala. Fasilitator meminta kepada  pengurus untuk segera menyusun teknis penyewaan kedua unit usaha yang belum berjalan.

Fasilitator meminta kepada kedua kelompok untuk meningkatkan komunikasi via group WhatsApp apabila komunikasi tatap muka mengalami kendala. Fasilitator juga memberi motivasi kepada kedua kelompok untuk meningkatkan kerja sama dan kekompakan. Selain itu, diberikan juga arahan dalam pengembangan kelompok diantaranya pentingnya kesolidan dan saling percaya antar anggota kelompok serta pertemuan kelompok yang rutin. Pertemuan rutin kelompok disepakati untuk dilakukan satu kali dalam sebulan. Semoga dipermudah untuk segera mencapai apa yang menjadi tujuan.

 

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini