Membentuk Fasilitator Handal Kelompok Desa TN Batang Gadis

Kamis, 21 Juli 2022

Panyabungan, 21 Juli 2022. Menghadapi dinamika kelompok khususnya kelompok masyarakat di desa binaan membutuhkan seorang fasilitator handal guna mencapai keputusan yang tepat dalam sebuah proses diskusi.

Memahami teknik fasilitasi merupakan salah satu kunci keberhasilan seorang fasilitator dalam membawa kelompok masyarakat mencapai keputusan yang iklusif. Maka dari itu, pendamping desa sebagai fasilitator perlu meningkatkan pemahaman terkait teknik dasar fasilitasi melalui Pelatihan Keterampilan Teknik Fasilitasi sebagai bekal di lapangan.

Penyuluh kehutanan Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) yang dimotori Dilah Tanjung telah melaksanakan pelatihan keterampilan teknik fasilitasi, Senin (18/7). Pelatihan ini sebagai bentuk sharing ilmu yang telah diperoleh dari "Training of Trainer (TOT) Teknik Fasilitasi dalam Rangka Pengelolaan Usaha Ekonomi Produktif Masyarakat Desa di Sekitar Kawasan Konservasi" beberapa waktu yang lalu.

Sharing ilmu ini berlangsung seru karena diselingi ice breaking dan peserta dapat bebas mengeluarkan pendapat dan berbagi pengalaman di lapangan. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan semua peserta mampu melakukan perencanaan fasilitasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Sumber : Balai Taman Nasional Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini