Menilai Efektivitas Pengelolaan Kawasan Konservasi di Provinsi Kep. Riau

Rabu, 20 Juli 2022

Pekanbaru, 20 Juli 2022 - Balai Besar KSDA Riau menggelar kegiatan Efektivitas Pengelolaan Kawasan Konservasi dengan metode Management Effectiveness Tracking Tool di di Hotel Comporta Tanjung Pinang dan di Hotel Panbil Kota Batam pada 13 s/d 14 Juli 2022.

Penilaian dilakukan pada 4 kawasan konservasi yang berada di Provinsi Kepulauan Riau, yakni Taman Wisata Alam (TWA) Muka Kuning, Kawasan Suaka Alam/Kawasan Pelestarian Alam (KSA/KPA) Gunung Kijang, KSA/KPA Gunung Lengkuas dan KSA/KPA Sungai Pulai.

Penilaian dilakukan secara proaktif memberikan penjelasan untuk nilai untuk skor pada masing - masing parameter penilaian dengan menyampaikan pendapat serta bukti - bukti yang mendukung atau melemahkan pemberian skor penilaian tersebut.

Penilaian ini untuk mengukur sejauh mana pengelolaan kawasan konservasi dilakukan yang dilihat dari 5 aspek yaitu konteks, perencanaan, input, proses dan outcome. Rekomendasi dari proses penilaian menjadi poin penting untuk menjadi usulan tindak lanjut pada tahun depan dalam pengelolaan kawasan konservasi.

Peserta yang turut hadir datang dari berbagai instansi seperti Pemda Provinsi Kepulauan Riau, Pemerintahan Kecamatan, Desa sekitar kawasan, masyarakat serta kader konservasi, dan pihak swasta juga BUMN yang berada sekitar kawasan.

Terimakasih untuk semua pihak atas partisipasi dalam penilaian ini dan menjadi bahan evaluasi bagi kami dalam menjalani amanah pengelolaan konservasi.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini