BKSDA Sumbar Bersama PT.Semen Padang Penguatan Fungsi SM Tarusan Arau Hilir

Rabu, 20 Juli 2022

Padang, 19 Juli 2022.  Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Barat (BKSDA Sumbar) menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan PT Semen Padang, Selasa (19/7). Perjanjian kerja sama yang ditandatangani di Wisma Indarung PT Semen Padang tersebut merupakan kerjasama penguatan fungsi Suaka Margasatwa (SM) Tarusan Arau Hilir, Sumatera Barat dengan ruang lingkup antara lain dukungan kerjasama perlindungan kawasan, pengawetan flora dan fauna serta penguatan kelembagaan. 

Dokumen kerjasama ini langsung ditandatangani oleh Kepala Balai KSDA Sumatera Barat Ardi Andono, STP, MSc dan Direktur Utama PT Semen Padang Ir. Asri Mukhtar, MM, serta dihadiri tim dari Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi, Ditjen Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan; perwakilan Dinas Kehutanan Sumatera Barat, manajemen PT Semen Padang dan BKSDA Sumbar. 

Dalam sambutannya, Dirut PT Semen Padang menyampaikan ijin pinjam pakai kawasan hutan 242,3 ha yang berbatasan langsung dengan kawasan konservasi. Beliau menyatakan bahwa konservasi merupakan kewajiban kita bersama termasuk PT Semen Padang, salah satunya adalah tanggungjawab PT SP dalam penguatan fungsi SM Tarusan Arau Hilir. Dirut PT SP mengharapkan PT SP dibantu BKSDA Sumbar dan mitra lain dalam menjalankan kewajibannya terhadap kawasan konservasi ini.

Sementara itu, Kepala BKSDA Sumbar menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan kerjasama yang pertama dengan pemegang Ijin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH). Beliau mengharapkan agar PKS dapat mendukung upaya konservasi kawasan yang dikelola BKSDA Sumbar sesuai dengan hak dan kewajiban para pihak yang tercantum didalam dokumen PKS. 

Ir Mgo Senantung, MP yang mewakili Dinas Kehutanan Sumatera Barat  menyambut baik dan sangat mendukung adanya kerjasama PT Semen Padang dengan BKSDA Sumbar ini, karna seperti diketahui dalam perjalanannya PT SP telah lama memberikan kontribusi dalam pembangunan bangsa maupun kemajuan bagi Sumatera Barat khususnya, serta telah ikut mendukung konservasi dan upaya-upaya pelestarian alam lainnya. 

Selanjutnya bersama penandatanganan tersebut juga ditandatangani Rencana Pelaksanaan Program (RPP) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT). Dengan ditandatanganinya RPP dan RKT Perjanjian Kerja Sama ini diharapkan BKSDA Sumbar dan PT Semen Padang dapat bersinergi dalam menjaga dan melestarikan fungsi Kawasan SM Tarusan Arau Hilir, serta menjamin kelangsungan fungsi ekologis bagi mahluk hidup di sekitarnya, seperti bait pantun yang disampaikan Kepala BKSDA Sumbar :

Makan Kedondong rasanya asam
Sama rasa dengan mangga
Mari kawan lestarikan alam
Agar bumi selalu terjaga 

Jalan-jalan ke gunung salak
Jangan lupa membeli kemiri
Kalau bumi kita rusak
Pasti kita yang akan merugi.

Sumber : Balai KSDA Sumatera Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini