Pemberdayaan Masyarakat di Desa Labengki, Penyangga kawasan TWA Teluk Lasolo

Jumat, 08 Juli 2022

Kendari, Juni 2022 - Desa Labengki merupakan sebuah desa penyangga yang berada di sekitar kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Teluk Lasolo, binaan dari resort KSDA Konawe Utara, Balai KSDA Sulawesi Tenggara. Desa penyangga ini memiliki 1 Kelompok masyarakat, yaitu Kelompok Tani Hutan Pasamaturuan dengan jumlah anggota sebanyak 22 orang.

Kelompok ini dibentuk sejak tanggal 28 April 2017 yang kegiatan usaha ekonominya di bidang wisata berupa penyediaan homestay, pemandu wisata, souvenir wisata, serta perikanan berupa usaha budidaya karamba dan ikan putih, pengolahan abon ikan, lobster segar dan olahan ikan kering.

Tim Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi berkesempatan mengunjungi desa Labengki dalam rangkaian kegiatan Bimbingan Teknis dan Supervisi bidang Inventarisasi dan pemolaan kawasan konservasi (22/06).

Masih banyaknya potensi keanekaragaman hayati laut di sekitar kawasan TWA Teluk Lasolo yang dibudidayakan oleh masyarakat, menunjukan bahwa melimpahnya kekayaan alam yang terkandung di kawasan konservasi ini.

Pelibatan masyarakat untuk berpartisipasi membantu mengidentifikasi keanekaragaman hayati laut di sekitar kawasan Taman Wisata Alam Teluk Lasolo, menjadi salah satu strategi dalam kegiatan inventarisasi kehati.

Sumber  : Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini