Balai TN Gunung Merbabu Ajak Anak-Anak Peduli Kawasan Hutan dan Lingkungan Sekitar

Jumat, 08 Juli 2022

Boyolali, 17 Juni 2022 - Pada bulan Maret 2022 bertepatan dengan puncak peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-39 Tahun 2022 yang mengambil tema “Rimbawan Peduli Lingkungan, Menyukseskan Presidensi G20 Indonesia, Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) dan Gubernur NTT meresmikan Program KSDAE Mengajar. Melalui program ini, peran aktif dan kontribusi UPT KSDAE diharapkan dalam mendukung upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan mengajar di sekolah pada desa-desa sekitar kawasan konservasi.

Balai Taman Nasional Gunung Merbabu secara simultan pada lima resort melaksanakan kegiatan Visit to School sebagai rangkaian Road to HKAN Tahun 2022. Bertempat di SD Negeri 2 Jlarem (Resort Ampel), MI Nurul Islam Batur (Resort Kopeng), MI Yaspi Kaponan (Resort Pakis), SD Negeri Wonolelo 4 (Resort Wonolelo), serta SD Negeri 1 Lencoh (Resort Selo) kegiatan visit to school dilaksanakan sebagai upaya memberikan bekal pendidikan lingkungan agar mengenal potensi sumber daya alam yang ada disekitarnya sejak dini. Arti penting pendidikan lingkungan sejak dini, bertujuan untuk penanaman karakter peduli terhadap lingkungan sekitar. Mengingat alam merupakan rumah kita, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga dan melestarikannya.

Melalui kegiatan Visit to School  ini, siswa-siswi  diajak untuk lebih mengenal dan mempelajari keanekaragaman hayati di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. Para siswa diajak untuk berdiskusi, belajar mengemukakan pendapat, menonton film, serta melaksanakan beberapa tugas untuk menumbuhkan kreativitas anak-anak. Siswa-siswi yang bertempat tinggal di daerah penyangga kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu ini diarahkan untuk lebih mengenal kawasan hutan didekat tempat tinggal mereka. Guna menghindari kejenuhan siswa-siswi selama pelaksanaan kegiatan, petugas memberikan ice breaking pada sela-sela penyampaian materi agar mereka kembali segar dan bisa berkonsentrasi kembali. Siswa-siswi yang bisa menjawab pertanyaan kuis yang diberikan atau berani bercerita dan mengemukakan pendapat diberikan hadiah.

Dengan lebih mengenal Taman Nasional Gunung Merbabu dan segala potensinya serta arti penting kawasan hutan bagi kehidupan, diharapkan akan muncul rasa kepedulian dalam diri siswa-siswi sebagai generasi penerus. Penanaman rasa cinta pada alam sejak dini diharapkan akan menumbuhkan rasa ikut memiliki dan cinta pada alam itu sendiri yang akan berujung pada peran serta mereka dengan sukarela untuk menjaga kelestarian alam sekitar  mereka pada umumnya dan kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu pada khususnya. Kegiatan diakhiri dengan pemberian cinderamata bagi siswa-siswi peserta kegiatan, photo bersama serta penyerahan buku dari Balai Taman Nasional Gunung Merbabu sebagai bahan bacaan di perpustakaan kepada pihak sekolah. 

 

Sumber: Nur. A (Penyuluh Kehutanan) - Balai TN Gn Merbabu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini