Melihat Anggrek di TWA Teluk Lasolo

Senin, 04 Juli 2022

Bogor, 4 Juli 2022. Tim Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi berkesempatan melihat habitat anggrek Anggrek Vandopsis lissochiloides (Gaudich.) Pfitzer dalam rangka rangkaian kegiatan bimbingan teknis Invetarisasi Kehati pada tanggal Kamis, (21/6/2022) yang didampingi Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Kolaka – Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sulawesi Tenggara (BKSDA Sultra) dan tim teknisnya. Anggrek dengan kelopak bunga berwarna kuning bertotol merah yang masuk dalam Keluarga Orchidaceae Suku Vandeae ini tumbuh di bukit karang bebatuan, dijumpai saat mengunjungi lokasi Taman Wisata Alam  (TWA) Teluk Lasolo.

Inventarisasi Kehati merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilaksanakan dalam rangka mengetahui potensi keanekaragaman hayati yang terkandung di kawasan konservasi. Inventarisasi keanekaragaman hayati, merupakan salah satu strategi upaya peningkatan pengelolaan hutan konservasi dan upaya konservasi keanekaragaman hayati, spesies dan genetik. Dalam bimbingan teknis Invetarisasi Kehati ini, tim Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi menyampaikan informasi panduan dan arahan dalam melaksanakan kegiatan inventarisasi dan verifikasi keanekaragaman hayati tinggi di kawasan konservasi dengan metode yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah mulai dari tingkat tapak (Unit Pelaksana Teknis/Daerah) hingga tingkat nasional sehingga dapat menyajikan data dan informasi kawasan konservasi yang masih memiliki nilai keanekaragaman hayati tinggi dalam suatu sistem database yang baik.

Dengan adanya panduan ini , semoga data Vandopsis lissochiloides (Gaudich) yang tumbuh di TWA Teluk Lasolo ini terkumpul dan tersusun menjadi strategi upaya peningkatan pengelolaan dan upaya konservasinya.

Sumber : Mugiharto HP - Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini