Buku Catatan Anggrek Lembah Moy dan Galeri Anggrek Papua Desa Binaan Dambu Kahbrai

Senin, 04 Juli 2022

Bogor, 4 Juli 2022. Tim Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi berkunjung ke Galeri Anggrek Papua Desa Binaan Dambu Kahbrai di Kampung Dosai, Distrik Sentani Barat Kabupaten Jayapura, Kamis (16/06/2022). Kunjungan tersebut didampingi Zsa Zsa Fairuztania, Penyuluh Kehutanan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua. Zsa Zsa sendiri merupakan Penyuluh berprestasi yang menyusun Buku Catatan Anggrek Lembah Moy yang berisi berbagai jenis anggrek hasil budidaya masyarakat desa binaan wilayah kerja Resort Moy sekitar daerah penyangga Cagar Alam (CA) Cycloop, BBKSDA Papua.

Saat ini Zsa Zsa juga merupakan pendamping Desa Binaan Dambu Kahbrai, desa penyangga kawasan Cagar Alam Cycloop, yang memilik kelompok pemberdayaan masyarakat Budidaya Anggrek Dambu Kahbrai. Buku ini sangat berguna bagi Balai Besar KSDA Papua dalam pengelolaan keanekaragaman hayati berbagai jenis anggrek di wilayah resort Moy dan bermanfaat bagi petani budidaya anggrek untuk mengenal dan memasarkan produk anggrek yang telah dibudidayakan.

Buku karya Zsa Zsa bukti bahwa BBKSDA Papua telah melakukan inventarisasi keanekaragaman hayati di sekitar wilayah KSDA resort Moy, dan dapat juga dijadikan pedoman identifikasi jenis jenis anggrek yang berada di sekitar dan di kawasan Cagar Alam Cyclop bagi yang membacanya. Semoga sosok Zsa Zsa menginspirasi lainnya yang terus bersemangat menghasilkan karya dan karsa di bidang konservasi sehingga memperkuat pengelolaan kawasan konservasi ke depannya.

Sumber : Nurman Hakim dan Mugiharto HP. - Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini