BBKSDA Riau Kembali Lakukan Mitigasi Konflik Gajah Liar

Rabu, 29 Juni 2022

Pekanbaru, 29 Juni 2022 - Mitigasi konflik gajah liar kembali dilakukan Tim Balai Besar KSDA Riau yang kali ini melalui Tim Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I di Desa Rantau Baru, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan pada tanggal 25-26 Juni 2022.

Tim menindaklanjuti laporan yang bersumber dari masyarakat Desa Rantau Baru terkait adanya kelompok gajah liar yang memasuki kebun masyarakat dan telah mendekati ke pemukiman warga. Tim langsung menuju Desa Rantau Baru dan melakukan koordinasi dengan Ketua BPD yang bersama-sama menuju lokasi kelompok gajah liar dimaksud.

Bersama masyarakat, Tim mengatur strategi penggiringan gajah dimulai dengan mencari posisi gajah tersebut. Gajah ditemukan di daerah Kuala Baboko namun karena kondisi lokasi rawa yang cukup dalam, tim dengan masyarakat sulit untuk menemukan posisi akhir gajah tersebut. Seiring hari yang telah beranjak sore, Tim memutuskan untuk menyudahi pencarian dan akan melanjutkan di hari berikutnya.

Keesokan harinya, Tim bersama masyarakat melanjutkan pencarian kelompok gajah tersebut. Berdasarkan informasi dari masyarakat, gajah yang berjumlah 3 ekor masih berada di sekitar daerah pencarian sebelumnya. Posisi gajah sudah menyeberangi sungai Kampar dan mendekati pemukiman. Tim bersama masyarakat melakukan penggiringan dan mengarahkan ke pintu awal kelompok gajah menyeberang. Sampai pukul 17.00 WIB, tim masih melakukan penggiringan. Pada awalnya gajah tersebut sudah berada di jalur yang diharapkan, namun pemilik kebun yang berada di pintu masuk gajah membunyikan sesuatu sehingga gajah akhinya berbalik arah. Dikarenakan kondisi lokasi rawa yang menyulitkan dan kondisi fisik yang sudah lelah, Tim dengan masyarakat memutuskan menghentikan penggiringan.

Tim menyampaikan agar masyarakat tidak melakukan hal hal yang anarkis terhadap gajah dan tetap melakukan blokade agar gajah tersebut tidak memasuki pemukiman masyarakat.

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini