Berdayakan Masyarakat, BBKSDA Riau Bentuk 3 Kelompok Tani Hutan

Rabu, 29 Juni 2022

Pekanbaru, 29 Juni 2022 - Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I melakukan kegiatan pembentukan Kelompok Tani Hutan (KTH) di Desa Batu Sanggan, Desa Muara Bio dan Desa Terusan. Seluruh desa tersebut berlokasi di Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar. Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa hingga Kamis, 21-23 Juni 2022.

Tim penyuluh kehutanan selaku fasilitator dimotori oleh Tommy SP Sinambela dengan didampingi Usgiantoro, Ahmad Fitriansyah, Fahrul Rozi Sembiring serta Rikso Yunaldi.

KTH di Desa Batu Sanggan yang berhasil dibentuk diberi nama KTH Batu Sanggan Berdiri, di Desa Muara Bio bernama KTH Simpang Dua Muara Bio, dan di Desa Terusan bernama KTH Gunung Medan Mandiri.

Untuk KTH Batu Sanggan Berdiri dan KTH Simpang Dua Muara Bio, keduanya akan melakukan kegiatan budidaya ternak kerbau. Sedangkan KTH Gunung Medan Mandiri, selain budidaya ternak kerbau, juga akan mengembangkan budidaya tanaman coklat. Komoditi tersebut dipilih dan disepakati berdasarkan diskusi yang dilakukan bersama dengan para fasilitator.

Penyuluh kehutanan yang menjadi fasilitator telah meminta kepada pengurus yang dipilih untuk menyelesaikan administrasi pembentukan kelompok, diantaranya surat permohonan penetapan KTH ke Kepala Desa, AD/ART, dan sebagainya.

Para fasilitator ini juga telah memberikan motivasi dan arahan dalam pengembangan kelompok diantaranya pentingnya rasa solidaritas dan saling percaya antar anggota kelompok serta pertemuan kelompok yang rutin.

Semoga semua sesuai harapan ya sob, masyarakat sejahtera dan hutan terjaga.

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini