Taka Bonerate Dive Camp 2022 - “Healing Coastal and Marine”

Senin, 27 Juni 2022

Tinabo, 28 Juni 2022 - Balai Taman Nasional Taka Bonerate berkolaborasi dengan komunitas Diver menyelenggarakan Taka Bonerate Dive Camp – Kemah Konservasi. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Balai Taman Nasional Taka Bonerate (TN Taka Bonerate), dan untuk tahun ini kembali dilakukan dengan kolaborasi bersama komunitas diver setelah terakhir kali dilaksanakan pada tahun 2018. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran terhadap lingkungan dan membekali peserta dengan informasi dan pengetahuan serta pandangan-pandangan luas tentang manfaat konservasi alam dan lingkungan hidup, sekaligus sebagai ajang promosi dan upaya menggeliatkan kembali sektor wisata di Kabupaten Kepulauan Selayar, khususnya dalam kawasan TN Taka Bonerate.

Tema Taka Bonerate Dive Camp tahun 2022 mengusung tema “Healing Coastal and Marine”, dan merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Road to HKAN 2022. Kegiatan ini diselenggarakan dari tanggal 21 – 24 Juni 2022 di Pulau Tinabo. Peserta kegiatan Taka Bonerate Dive Camp tahun 2022 terdiri dari, siswa/i Sekolah Menengah Pertama (SMP) di dalam kawasan TN Taka Bonerate, komunitas peduli lingkungan, kelompok-kelompok masyarakat dan penggiat konservasi di dalam kawasan TN Taka Bonerate, serta Saka Wanabhakti Kepulauan Selayar yang merupakan binaan Balai TN Taka Bonerate. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan Direktorat PJLKK Ditjen KSDAE Kementerian LHK, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Kepulauan Selayar, Universitas Hasanuddin, serta komunitas diver dari berbagai daerah, sebagai salah satu upaya menggeliatkan kembali sektor wisata pasca Covid-19 di kawasan TN Taka Bonerate khususnya, dan Kabupaten Kepulauan Selayar pada umumnya. Pada kegiatan ini juga dihadiri oleh Miss Scuba Indonesia 2018 sebagai bintang tamu dan juri Duta Karang.

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala Balai TN Taka Bonerate, Faat Rudhianto, S.Hut., M.Si. Dalam sambutannya, Kepala Balai mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta dan tamu undangan. Kepala Balai TN Taka Bonerate juga menyebutkan, kegiatan di Tinabo ini mengabungkan aktivitas untuk siswa/i SMP pada kemah konservasi dan fun dive komunitas diver, sehingga dinamakan Taka Bonerate Dive Camp. Lanjutnya, bahwa kegiatan ini memiliki pesan konservasi, sebagai upaya untuk mengharmonisasikan kehidupan manusia dan alam sejak dini. Rangkaian kegiatan Taka Bonerate Dive Camp tahun 2022 adalah sebagai berikut: Sekolah Lapang, Seleksi Duta Karang, Giat Bersih Pantai dan Underwater Clean Up, Penanaman Pohon, Pameran Mini dan Launching  Produk Kelompok Masyarakat, Transplantasi Karang, serta pertunjukan bakat dan seni budaya dari para peserta.

Adapun untuk materi Sekolah Lapangan, disampaikan oleh Kepala Balai TN Takabonerate dengan materi Pemulihan Ekosistem di TN Taka Bonerate; Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Selayar dengan materi Peningkatan Ekonomi Melalui Sektor Wisata; Direktorat PJLKK dengan Materi Menggeliatkan Ekonomi Wisata di Taman Nasional Taka Bonerate; dan Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin memberikan materi Healing Marine-Rekoneksi Manusia dengan Alam. Selain itu juga peserta menerima sesi sharing terkait Bijak Kelola Sampah Plastik dari Komunitas Selayar Bebas Sampah Plastik, serta Fishing Games Praktik Perikanan Berkelanjutan dari Balai TN Taka Bonerate dan WCS-IP.

Pada malam penutupan, para peserta menampilkan pertunjukan bakat dan seni, mulai dari menyanyi, tari-tarian, berpuisi hingga manca’ padang. Selain itu, hasil seleksi Duta Karang 2022 juga diumumkan pada malam penutupan ini. Pada tahun ini Irfan dari SMPN 20 Kep. Selayar, Desa Rajuni dan Nur Faizah dari SMPN 20 Kep. Selayar, Desa Rajuni berhasil menjadi Duta Karang Tahun 2022. Selempang Duta Karang disematkan secara langsung oleh Kepala Balai TN Taka Bonerate dan Ketua Dharma Wanita Persatuan TN Taka Bonerate.

Kegiatan Taka Bonerate Dive Camp tahun 2022 ditutup oleh perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar, beliau memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Balai TN Taka Bonerate sebagai penyelenggara dan semua pihak yang terlibat atas terselenggaranya kegiatan ini dengan baik. Tidak lupa juga ucapan terima kasih kepada para narasumber dan para juri serta komunitas diver yang telah meluangkan waktunya untuk datang di Pulau Tinabo mengikuti kegiatan Taka Bonerate Dive Camp tahun 2022.

Salam Konservasi, Hu Ha! Hu Ha! Hu Ha!

 

Sumber: Asep Pranajaya, S.Pi. (Penyuluh Kehutanan – BTN Taka Bonerate)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini