BBKSDA Riau Dampingi BRGM Dalam Pembuatan Sekat Kanal

Senin, 27 Juni 2022

Pekanbaru, 27 Juni 2022 – Asep Firman, petugas Balai Besar KSDA Riau Seksi Konservasi Wilayah I bersama tim, mendampingi Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) dalam rangka Groundcheck Parit dan Perencanaan Sekat Kanal di Ds. Teluk Binjai dan Kel. Teluk Meranti Kec. Teluk Meranti, Kab. Pelalawan. Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan sejak hari Rabu hingga Jum'at (22-24 Juni 2022).

Sebelum pelaksanaan kegiatan, terlebih dahulu Tim melakukan briefing dan pertemuan dengan masyarakat terkait rencana lokasi yang akan dilakukan pembuatan sekat kanal serta pembentukan Kelompok Masyarakat (Pokmas) Desa Teluk Binjai dan Kelurahan Teluk Meranti.

Groundcheck hasil canal blocking/sekat kanal dilakukan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Di lokasi sekat kanal Parit Desa dan Parit Mega, ditemukan ada pembukaan kanal baru disamping timbunan. Tim BRGM yang terdiri dari 4 personil dan Pokmas berupaya melakukan penimbunan baru dengan menggunakan pasir pantai dibungkus dengan karung. Tim Pokmas sebelumnya sudah mempersiapkan perlengkapan dan bahan untuk penimbunan parit. Barang dan bahan tersebut kemudian diangkut melalui parit dengan menggunakan perahu karena jarak tempuh yang cukup jauh, berkisar  ± 3,5 Km ke lokasi penimbunan.

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini