BBKSDA Riau Dukung Peran Mahasiswa Untuk Kelestarian SM Bukit Rimbang Bukit Baling

Senin, 20 Juni 2022

Pekanbaru, 20 Juni 2022. Forum Mahasiswa Kampar Kiri Hulu menggelar seminar sekaligus pelantikan pengurus dengan tema "Melestarikan Kawasan SM Bukit Rimbang Baling dan Kompensasi Pemerintah terhadap Masyarakat.", Minggu (19/6) di hotel Batiqa Pekanbaru.

Kegiatan tersebut menjadi peran yang paling pas dalam mendorong kelestarian kawasan dan sekaligus berdiskusi terkait program yang dapat dibangun di kawasan Suaka Margasatwa (SM) Bukit Rimbang Bukit Baling, dimana di dalamnya terdapat beberapa desa. Karena hal tersebut sangat positif dan mendorong peran mahasiswa dalam melestarikan kawasan konservasi SM Bukit Rimbang Bukit Baling, maka Camat Kampar Kiri Hulu, para Kepala Desa se-Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Balai Besar KSDA Riau, UNRI, aktivis lingkungan, pengurus forum dan mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar hadir pada acara tersebut.

Balai Besar KSDA Riau mengapresiasi acara tersebut apalagi muncul gagasan-gagasan baru dalam mewujudkan peran mahasiswa dalam kelestarian kawasan konservasi seperti edukasi bersama kepada masyarakat, program kolaborasi pemberdayaan masyarakat, penelitian, dan publikasi kelestarian melalui medsos, seni dan nilai budaya yang tentu harus dibarengi dengan tekad serta niat yang ikhlas. Selain itu muncul ide program one entrepreneur one village di mana mahasiwa dan sarjana bisa menjadi bagian dari entrepeneur yang akan mendorong produk - produk desa untuk dibawa ke pasar lokal, nasional maupun internasional dan juga ide mewujudkan desa digital.

Di akhir seminar disepakati bahwa komunikasi akan terus dilanjutkan untuk mendorong peran mahasiswa yang lebih banyak lagi dan lebih implementatif. Acara diakhiri dengan pengukuhan pengurus forum mahasiswa Kampar Kiri Hulu (FORMAKIH) periode 2022/2024.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini