Field Excursion Bersama Juara Utama Kompetisi Daur Ulang Sampah Youth Ranger Komodo Festival Tahun 2022

Jumat, 24 Juni 2022

Labuan Bajo,  20 Juni 2022. Balai Taman Nasional Komodo mengadakan kegiatan field excursion bagi para pemenang pertama kompetisi daur ulang sampah Youth Ranger Komodo Festival (YRKF) yang diselenggarakan pada tanggal 16 Maret 2022 silam. Pemenang pertama mendapatkan kesempatan menjadi ‘ranger cilik’ dan diajak berkeliling mengunjungi beberapa resort di dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Juara pertama kompetisi YRKF diraih oleh siswa-siswi dari SMKN 3 Komodo yang mayoritas berasal dari prodi Wisata Bahari dan Ekowisata.

Kegiatan field excursion pemenang  YRKF  ini  didampingi  oleh  Muhammad  Ikbal  Putera  (Pengendali Ekosistem Hutan Pertama), Ikhwan Syahri (Polisi Kehutanan Pertama), Rawuh Pradana (Polisi Kehutanan Pertama), Fahri Ikhlas (Penyuluh Kehutanan Pertama), Arfandi (Tenaga Pengamanan Hutan Resort Loh Buaya), dan Jimianus Zakaria Nguru (Kapten Speedboat). Destinasi yang dikunjugi para pemenang diantaranya adalah Resort Loh Liang dan Resort Padar Selatan. Kedua resort ini menjadi primadona kawasan Taman Nasional Komodo oleh karena indahnya pemandangan dan keunikan biodiversitasnya. Selama berekreasi di dalam kawasan, para pemenang diberikan tugas untuk membuat video singkat mengenai pengalaman lapangannya untuk kemudian diunggah di media sosial masing-masing.

Rawuh Pradana, Kepala Resort Loh Liang, yang turut mendampingi pemenang menyambut khusus rombongan saat berkunjung ke wilayah kerja resortnya. Para pemenang diberikan interpretasi mendalam mengenai pengelolaan Taman Nasional Komodo, Legenda Komodo, distribusi biawak komodo, dan keberagaman biodiversitas yang ada di Resort Loh Liang. Para pemenang tampak terkejut melihat besarnya biawak komodo yang mereka jumpai di dalam kawasan. Siswa-siswi dengan cepat mengeluarkan gawainya masing-masing dan mulai mendokumentasikan gerak-gerik biawak komodo dari kejauhan. Rawuh juga menjelaskan mengenai kakatua kecil jambul kuning yang hidup di wilayah pepohonan Loh Liang. Para siswa dan guru takjub melihat banyaknya burung kakatua kecil jambul kuning terbang bebas di alamnya tanpa adanya gangguan manusia.

Para pemenang lalu diajak mengunjungi Puncak Padar Selatan untuk menikmati indahnya landsekap bukit sabana yang berwarna kuning kehijauan. Siswa-siswi dengan semangat mendaki tingginya bukit dan terharu bahagia melihat indahnya pemandangan dari ketinggian. Tim pendamping Balai Taman Nasional Komodo kemudian memberikan interpretasi singkat di setiap titik istirahat jalur trekking. Sesampainya di puncak, rombongan melakukan foto bersama dan mulai bergotong royong mengumpulkan sampah yang ditinggalkan oleh oknum wisatawan tidak bertanggungjawab. Rombongan lalu kembali turun ke bawah untuk menyelesaikan perjalanan.

Para pemenang dan guru pendamping sekolah berhasil mendaki Puncak Padar Selatan didampingi oleh petugas Balai Taman Nasional Komodo

Balai Taman Nasional Komodo berharap dengan diselenggarakannya kegiatan kemasyarakatan dalam bentuk kompetisi dapat meningkatkan daya juang/daya saing para pelajar di Kabupaten Manggarai Barat untuk bisa berkreasi dan berinovasi lebih bagus lagi. Hadiah yang dberikan kepada pemenang pertama bukan merupakan uang tunai, namun lebih kepada kesempatan rekreasi sambil belajar konservasi.

Harapannya, dengan diberikannya kesempatan tersebut, para pelajar menjadi semakin paham tanggungjawab kerja jagawana di lapangan. Balai Taman Nasional Komodo berharap agar siswa-siswi SMKN 3 Komodo berpeluang melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan lebih tinggi ke program Diploma- III Ekowisata dan dapat melamar kerja di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, khususnya di Balai Taman Nasional Komodo.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (+6281310300678)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo +6282145675612

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini