Direktorat RenKK Pantau Pembangunan Ruas Jalan di Blok Khusus SM Buton

Senin, 13 Juni 2022

Buton Utara, 10 Juni 2022. Rencana peningkatan jalan (eksisting) ruas Lakansai - Labuan dan rencana pembangunan jalan ruas Karya Mulya – Labaraga di Suaka Margasatwa (SM) Buton Utara memasuki tahap pengecekan lapangan. Tim lapangan terdiri dari Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi (Dit. RenKK) dan Balai KSDA Sulawesi Tenggara didampingi pihak Pemerintah Kabupaten Buton Utara. Monitoring lapangan ini atas permohonan Bupati Buton Utara guna membahas lebih lanjut jalan baru di Blok Khusus SM Buton Utara pada tanggal 7-10 Juni 2022.

Rencana peningkatan jalan eksisting ruas Lakansai – Labuan di Blok Khusus SM Buton Utara bertujuan untuk mempersingkat waktu tempuh dan memperlancar perjalanan antar Desa antar Kecamatan dan Kabupaten lain yang semula selama ±3 jam menjadi ±1,5 jam (jarak tempuh ±76 km), sehingga akan berdampak langsung terhadap kehidupan masyarakat, khususnya masyarakat di sekitar akses jalan yang berada di SM Buton Utara, dan umumnya untuk masyarakat Kabupaten Buton Utara. Rencana pembangunan jalan baru ruas Karya Mulya – Labaraga – Labuan (jalur tengah) yang melintasi Blok Khusus SM Buton Utara juga akan memperpendek waktu tempuh dengan perkiraan sekitar ±1,5 jam.

Saat ini masyarakat Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara untuk aktivitas menuju pelabuhan melewati 2 ruas jalan, yaitu:

  1. Jalur Utara melalui ruas Karya Mulya – Waode Buri – Lakansai – Labuan sepanjang ±126 km dengan waktu tempuh ±4 jam (kondisi jalan rusak); dan
  2. Jalur Selatan melalui ruas Karya Mulya – Ronta – Maligano – Labuan sepanjang ±103 km dengan waktu tempuh ±3,5 jam (kondisi jalan sebagian besar rusak).

Semoga dengan adanya pembangunan jalan di Suaka Margasatwa Buton Utara meningkatkan penguatan tata kelola pengelolaan kawasan dan konservasi keanekaragaman hayati terwujud.

Sumber : Djujduk Wiyono, Tintin P dan Mugiharto – Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini