Kelola Data Kehati, Kelola Kawasan Konservasi Seutuhnya

Senin, 13 Juni 2022

Bogor, 13 Juni 2022. Plh. Kepala Balai Besar KSDA Papua, Yulius Palita, membuka Bimbingan Teknis Invetarisasi Kehati, Penataan Kawasan Konservasi dan Perencanaan Pengelolaan Kawasan Konservasi sesuai undangan dari Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi (Dit. RenKK), Senin (13/6/22) di ruang rapat Balai Besar KSDA Papua. Yulis menekankan pentingnya menyiapkan data keanekaragaman hayati (Kehati) di kawasan yang akan dilakukan pemekaran wilayah pengembangan Kabupaten.

"Provinsi Papua sedang memasuki proses pembahasan rencana pemekaran menjadi 3 provinsi baru. Hal ini harus disikapi dengan penguatan data keanekaragaman hayati di kawasan konservasi. Akan menjadi permasalahan misal di wilayah Merauke, kawasan pembangunan terpadu, yang pastinya membutuhkan ruang sangat besar sehingga tidak menutupi nantinya bersentuhan dengan kawasan konservasi. Belum lagi di wilayah pegunungan Papua Tengah, yang kemungkinan besar akan menjadi Kabupaten lagi". ungkap Yulius saat membuka kegiatan.

Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi yang diwakili Nurman Hakim mengantarkan peserta bimtek dengan materi Inventarisasi Kehati Tinggi, dengan harapan kedepannya data kehati di kawasan konservasi akan terkumpul dan terkelola dengan baik sehingga dapat mendukung pengelolaan kawasan konservasi.

Selain Balai Besar KSDA Papua, bimtek juga dihadiri perwakilan dari Balai Taman Nasional Lorentz dan Balai Taman Nasional Wasur dengan semangat dan antusias.

Sumber  : Mugiharto dan Nurman Hakim - Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini