Kunjungi Kawasan, Kepala Balai TN Taka Bonerate Lakukan Transplantasi Bersama Masyarakat dan Edukasi Siswa Tentang Konservasi

Senin, 13 Juni 2022

Desa Khusus Pasitallu, 13 Juni 2022 - Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate, Faat Rudhianto, S.Hut., M.Si. dengan didampingi Kepala SPTN Wilayah II Jinato dan Kepala Resort Pasitallu Timur melakukan aksi konservasi transplantasi karang bersama masyarakat di Pulau Pasitallu Timur, Taman Nasional Taka Bonerate pada Rabu lalu (08/06/2022).

Transplantasi karang dilakukan dengan metode jaring laba-laba, yaitu dengan melekatkan anakan karang pada substrat rangka besi berbentuk jaring laba-laba. Substrat ini sebelumnya telah dipersiapkan oleh petugas resort bersama masyarakat. Kegiatan ini, selain dihadiri oleh masyarakat Desa Khusus Pasitallu, juga dihadiri oleh Masyarakat Desa Tambuna serta pengurus dan anggota kelompok binaan Balai TN Taka Bonerate.

Dalam kesempatan tersebut, kepala balai menjelaskan bahwa transplantasi karang adalah salah satu teknik rehabilitasi lingkungan laut atau salah satu upaya untuk melestarikan kekayaan alam berupa biota laut yang terdapat dan hidup di sekitar terumbu karang.

Pelibatan masyarakat dalam kegiatan ini diharapkan akan semakin meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam melakukan transplantasi karang serta semakin menumbuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk menjaga dan melestarikan lingkungan disekitar mereka.

Selain bertemu dengan masyarakat, Kepala Balai TN Taka Bonerate juga menyempatkan diri menyapa anak-anak sekolah di Desa Khusus Pasitallu. Kepala balai memberi edukasi tentang konservasi alam dan lingkungan kepada anak-anak sekolah dari UPT SMPN 31 SATAP Desa Pasitallu.

Materi yang diberikan, antara lain pengenalan dan pengelolaan kawasan Taman Nasional Taka Bonerate, pengenalan biota laut yang dilindungi, dan dampak yang ditimbulkan dari destructive dan illegal fishing.

"Tanggung jawab konservasi merupakan tanggung jawab kita bersama, termasuk pelajar sebagai generasi muda. Mereka harus terus dibina dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat dan bermuatan konservasi serta lingkungan", tutur Faat Rudhianto.

Didampingi Kepala SPTN Wilayah II Jinato dan petugas resort, pada kesempatan ini kepala balai juga memberikan pengetahuan dasar tentang kegiatan transplantasi karang yang kemudian dilanjutkan dengan praktik. Pemberian kuis dan hadiah menambah keseruan acara. Adik-adik dilatih untuk percaya diri dan berani tampil ke depan menjawab pertanyaan yang diberikan, yang menjawab benar diberikan hadiah.

 

Sumber: Humas Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini