Ramaikan Pameran Hari Lingkungan Hidup Sedunia, BBKSDA Papua Kampanye Satwa Liar Dilindungi

Senin, 13 Juni 2022

Timika, 13 Juni 2022 – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua melalui Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Timika, turut berpartisipasi dalam pameran bertema Only One Earth: Living Sustainably in Harmony with Nature. Pameran digelar di Memorial Park Kuala Kencana, Timika, pada Jumat sampai Minggu (10-12/6/2022).

Salah satu sisi menarik pada pameran ini adalah pengunjung stand BBKSDA Papua sangat antusias mengenal satwa liar dilindungi sesuai UU Nomor 5 tahun 1999 dan PP Nomor P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Timika, Bambang H. Lakuy, menyampaikan bahwa pameran yang diselenggarakan P.T. Freeport Indonesia ini menjadi media yang baik untuk sosialisasi satwa liar dilindungi. Ada pengunjung yang langsung mengunduh P.106 dari internet di sela perbincangan dengan tim pameran. Selain pengunjung dewasa, banyak juga pengunjung anak-anak usia SD, SMP, dan SMA. Mereka begitu bersemangat ingin tahu tentang satwa liar dilindungi dari gambar-gambar yang disajikan.

Bambang menjelaskan, selain tentang satwa liar dilindungi, dalam pameran juga menampilkan foto-foto kegiatan translokasi satwa endemik Papua, pelepasliaran satwa, patroli satwa liar dilindungi, survei keanekaragaman hayati, dan sebagainya. Satu hal lagi yang khas dan menarik minat para pengunjung adalah BBKSDA Papua mengenalkan ecoprint, yaitu teknik memotif kain menggunakan bahan-bahan dari alam, seperti daun ketapang, daun jambu biji, daun bambu, dan masih banyak lagi. Menurut Bambang, ecoprint dapat menjadi alternatif sandang di masa depan, yang meringankan beban bumi tanpa limbah tekstil.  

Menanggapi hal ini, Plt. Kepala BBKSDA Papua, Abdul Azis Bakry, mengharapkan, melalui konten pameran yang secara teknis dibawakan oleh SKW II Timika akan semakin banyak orang memahami urgensi menjaga keanekargaman hayati yang memiliki fungsi penting bagi kita dan alam semesta.

“Secara keseluruhan, saya berharap masyarakat luas semakin memahami pentingnya menjaga bumi, rumah kita satu-satunya. Menjaga bumi termasuk juga menjaga seluruh keanekaragaman hayati di dalamnya, beserta habitat dan hutan-hutannya,” pungkas Abdul.(dd)

 

Sumber                                   : BBKSDA Papua

Call Center BBKSDA Papua     : 0823 9770 9728  

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini