Optimal Perencanaan Kawasan Konservasi Bersama Direktorat RenKK

Kamis, 09 Juni 2022

Bogor, 9 Juni 2022. Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi (RenKK) melaksanakan Bimbingan Teknis (bimtek) Inventarisasi Potensi Keanekaragaman Hayati Tinggi di kawasan konservasi lingkup Balai KSDA Maluku dan Balai Taman Nasional (TN) Manusela, Selasa (7/6) di ruang rapat BKSDA Maluku. Selai inventarisasi permasalahan kawasan konservasi juga dijelaskan terkait updating open area, penataan zona/blok di kawasan konservasi dan perencanaan kawasan konservasi (Rencana Pengelolaan KK). 

Bimbingan teknis ini digelar guna mensosialisasikan aturan dan  teknis terkait inventarisasi potensi kawasan, penataan kawasan dan perencanaan pengelolaan kawasan serta pemolaan kawasan sehingga diharapkan  dapat meningkatkan kualitas dan pengetahuan personil teknis di BKSDA Maluku dan BTN Manusela dalam pengelolaan Kawasan konservasi.

Pengelolaan kawasan konservasi merupakan kegiatan pengelolaan yang dimaksudkan untuk mempertahankan dan mengembangkan kelestarian sumber daya alam hayati beserta ekosistemnya sehingga dapat memberikan dukungan terhadap mutu kehidupan dan kesejahteraan masyarakat.  Untuk optimalisasi pengelolaan kawasan konservasi, perencanaan merupakan bagian awal yang harus dilakukan oleh pengelola kawasan konservasi dengan berbagai kegiatan seperti Inventarisasi Potensi Kawasan, Penataan Kawasan dan Perencanaan Pengelolaan Kawasan serta Pemolaan Kawasan.

Sumber : Ety Ambarwati, Cica Ali dan Mugiharto H.P. – Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini