Pendidikan Konservasi Elang Jawa Untuk Generasi Muda

Jumat, 27 Mei 2022

Sukabumi, 27 Mei 2022.  Pentingnya kegiatan konservasi elang jawa dan habitatnya kepada generasi muda, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) menggelar Sosialisasi Program Pendidikan Konservasi Elang Jawa di Pusat Pendidikan Konservasi Elang Jawa Cimungkad, Jumat (27/5). BBTNGGP bersama TSI, PT. Smelting dan Filantra mempunyai tujuan yang sama yaitu menumbuhkan rasa cinta, bangga, dan peduli terhadap pelestarian elang jawa secara berkelanjutan. 

Pengenalan elang jawa dibuka langsung oleh Sekretaris Direktorat Jenderal KSDAE, Suharyono, S.H., M.Si., M.Hum. Suharyono berharap sosialisasi ini dapat menjadi sarana pendidikan, pemahaman untuk meningkatkan kesadaran, dan kepedulian semua pihak akan pentingnya melestarikan satwa agar dapat diwariskan kepada generasi mendatang.

Lima sekolah dasar di sekitar kawasan Resort Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Cimungkad, BBTNGGP menjadi peserta sosialisasi yang dikemas dengan sangat menarik, melalui permainan seputar pengetahuan tentang elang jawa dan sejarahnya. Peserta dibagi ke dalam 5 kelompok, dimana kelompok dengan jawaban benar terbanyak mendapatkan hadiah menarik dari panitia. Sosialisasi ini juga dihadiri perwakilan dari Balai Besar KSDA Jawa Barat, Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Komandan Puslatpurmar-6 Antralina, Camat Kadudampit, Kepala Desa Cikahuripan, Kepala Desa Muaradua, Bapak Herry Subagiadi, Direktur PT. Bumi Paseban Alami, Pokdarwis Kec. Kadudampit, Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat, Ketua Volunteer Panthera, dan Kelompok Tani Hutan (KTH) Nikreuh, serta beberapa undangan lainnya.

Plt. Kepala Balai Besar TNGGP, Wasja, S.H., memberikan sambutan terkait pengetahuan umum tentang elang jawa, serta tujuan diadakan kegiatan sosialisasi. Dilanjutkan sambutan dari Direktur Taman Safari Indonesia (TSI), Sambutan Direktur PT. Smelting, dan Sambutan Bupati Sukabumi yang diwakili oleh Sekda Sukabumi. Acara menjadi semakin menarik saat masuk pada pengenalan Duta Elang Jawa yang dipandu oleh panitia dari TSI. 

Turut hadir pada kegiatan sosialisasi yaitu Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati dan Sumber Daya Genetik, Drh. Indra Exploitasia, M.Si. yang mewakili Plt. Direktur Jenderal KSDAE untuk melakukan Pembukaan Tirai Prasasti secara simbolis.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Teks : Sisca Widiya Afiyanti – Penyuluh Kehutanan
Dok : Tim Publikasi – BBTNGGP

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini