Melihat Perkembangan Bantuan Sapi di KTH Tunas Baru Desa Buantan Besar

Kamis, 19 Mei 2022

Pekanbaru, 19 Mei 2022 - Monitoring pengembangan bantuan yang telah diberikan dalam kegiatan pengembangan ekonomi produktif rutin dilakukan Balai Besar KSDA Riau. Kali ini, Kamis (12/5) monitoring dilakukan Plt. Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV, Gunawan beserta staf Resort Siak pada kelompok tani hutan (KTH) Tunas Baru Desa Buantan Besar, Kab. Siak.

Pemberian bantuan telah berjalan sejak tahun 2021 dan setiap pertiga bulannya dilakukan monitoring. Bantuan yang diberikan sesuai pengajuan proposal kelompok berupa penggemukan sapi sebanyak 4 ekor dengan 2 jantan dan 2 betina. Namun 2 ekor sapi bantuan mengalami penyakit akibat terkena cacing parasit atau disebut Paramphistomum Sp. yang ditemukan di lambung sapi, sehingga kelompok mengambil inisiatif untuk memotong dan menjual dagingnya untuk membeli bibit baru.

Kehilangan dua sapi, ternyata dari sapi yang tersisa, sang betina melahirkan satu ekor anak sapi sehingga menambah jumlah sapi menjadi 3 ekor. Setelah dilakukan vaksin, anak sapi kondisinya menjadi kurang sehat di bagian pencernaannya, sehingga Tim berkoordinasi dengan kepala Dinas Peternakan untuk dilakukan pengecekan kesehatan sapi pada kelompok tersebut.

Tim menyarankan agar ke depannya lebih teliti lagi dalam memilih bibit sapi sehingga bantuan ini dapat berkelanjutan serta memberikan manfaat peningkatan ekonomi masyarakat di sekitar kawasan Suaka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil.

Monitoring akan terus dilakukan setiap 3 bulannya dan masyarakat diharap untuk selalu melaporkan perkembangan terbaru  di grup WhatsApp yang telah di bentuk.

[Teks : DI, Foto : Humas BBKSDARIAU | 052022]

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini