Balai TN Komodo Aktifkan Kembali Pertemuan Bulanan Asosiasi Wisata

Jumat, 15 April 2022

Labuan Bajo, 12 April 2022. Balai Taman Nasional Komodo mengaktifkan kembali pertemuan bulanan dengan asosiasi wisata di Labuan Bajo guna menyambut datangnya wisatawan mancanegara pada reaktivasi pembukaan Fase Ketiga. Pertemuan ini merupakan kegiatan rutin sebelum pandemi COVID-19 dimana Balai Taman Nasional Komodo memperoleh feedback dari para pelaku usaha wisata di Labuan Bajo terkait dengan pelaporan aktivitas wisata di lokasi selam, lokasi selam permukaan, dan obyek wisata daratan lain di dalam kawasan.

Asosiasi yang hadir pada pertemuan mitra kali ini antara lain: Gabungan Pengusaha Wisata Bahari dan Tirta (GAHAWISRI) DPC Labuan Bajo, Jaringan Kapal Rekreasi (JANGKAR), Persatuan Penyelam Profesional Komodo (P3KOM), Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) DPC Manggarai Barat, dan Asosiasi Kapal Wisata (ASKAWI). Asosiasi- asosiasi ini telah aktif berkiprah dalam usaha wisata bahari dan menaungi banyak anggota kapal lainnya yang beroperasi di dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Perwakilan Balai Taman Nasional Komodo yang hadir pada pertemuan kali ini antara lain: Lukita Awang Nistyantara (Kepala Balai Taman Nasional Komodo), Urbanus Sius (Kepala SPTN Wilayah III), Ande Kefi (Pengendali Ekosistem Hutan Mahir), Muhammad Ikbal Putera (Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama), Arif Ardianto Sofian (Polisi Kehutanan Ahli Pertama) dan Yovi Septia (Penyuluh Kehutanan Ahli Pertama).

Kepala Balai Taman Nasional Komodo menyampaikan pentingnya brainstorming dengan asosiasi mengenai implementasi tourism carrying capacity, implementasi registrasi online, pelaporan temuan pelanggaran, dan informasi mengenai aktivitas lainnya berkaitan dengan pengelolaan ekowisata berkelanjutan di dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Para perwakilan asosiasi yang hadir menanggapi positif dan menanyakan efektivitas serta kontinuitas pelaksanaan sistem-sistem tersebut menyambut reaktivasi Fase Ketiga di lapangan.

Perwakilan P3Kom dan GAHAWISRI juga menyampaikan kesediaannya membantu Balai Taman Nasional Komodo melaksanakan kegiatan reef check. Balai Taman Nasional Komodo terakhir melakukan kegiatan pendataan karang pada tahun 2019 dan 2021, dimana P3Kom turut terlibat dalam kegiatan pendataan karangnya. Kegiatan ini selanjutnya akan dilaksanakan pada tahun 2023. Kepala Balai Taman Nasional Komodo mengapresiasi dukungan dan kontribusi asosiasi dalam menjaga alam lingkungan Taman Nasional Komodo.

Asosiasi merasa bahwa penerapan sistem tourism carrying capacity dan registrasi online sangat penting karena memberikan jaminan dan kepastian kunjungan kepada wisatawannya. Sebagai contoh, sistem registrasi online hanya memberikan akses kepada para pelaku usaha wisata yang terdaftar sebagai salah satu dari asosiasi usaha wisata resmi yang memiliki Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) dan kantor operasional di Labuan Bajo. Begitupun kepemanduan, pramuwisata yang diperbolehkan beraktivitas adalah yang tergabung dalam keanggotaan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) dan terdaftar dalam sistem. Penerapan sistem ini tentu membuat wisatawan dan para pelaku usaha wisata yang tergabung dalam asosiasi merasa aman dan nyaman berwirausaha, mengingat terdapatnya beberapa kasus travel agen palsu yang merugikan pengunjung beberapa waktu lalu.

Balai Taman Nasional Komodo sedang menyempurnakan protokol kunjungan wisata alam di Taman Nasional Komodo. Beberapa komponen perlu dievaluasi dan disempurnakan. Sebagai contoh, penggunaan pesawat udara kecil tanpa awak di dalam kawasan Taman Nasional Komodo akan diatur merujuk kepada Peraturan Menteri Perhubungan dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang berlaku.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Penyuluh Kehutanan Pertama - Yovi Septia, S.Si. (+6281236402848) dan Polisi Kehutanan Pertama - Arif Ardianto Sofian, S.Si. (+6285713254775)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+6282145675612)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini