BBKSDA Riau Bentuk Dua Kelompok Tani Hutan

Kamis, 31 Maret 2022

Pekanbaru, 31 Maret 2022 - Bidang KSDA Wilayah I Balai Besar KSDA Riau pada hari Kamis dan Jumat, 24 sd 25 Maret 2022 melakukan kegiatan pendampingan pembentukan Kelompok Tani Hutan (KTH) di Desa Kampung Pulau dan Desa Sungai Guntung Tengah dipimpin penyuluh kehutanan, Tommy SP Sinambela.

Nama KTH di Desa Kampung Pulau adalah KTH Sungai Mengkuang Bertuah dengan produk yang dikembangkan adalah budidaya Ikan Sungai, sedangkan di Desa Sungai Guntung Tengah adalah KTH Usaha Bersama dengan produk yang akan dikembangkan KTH Usaha Bersama adalah budidaya ternak Sapi.

Penyuluh kehutanan yang menjadi fasilitator telah meminta kepada pengurus yang dipilih untuk menyelesaikan administrasi pembentukan kelompok, diantaranya surat permohonan penetapan KTH ke Kepala Desa, AD/ART, dan kelengkapan kelembagaan lainnya.

Fasilitator juga memberikan motivasi dan arahan dalam pengembangan kelompok, diantaranya pentingnya kesolidan  dan saling percaya antar anggota kelompok serta pertemuan kelompok yang rutin.

Pembentukan KTH ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan SM Kerumutan dan mengurangi ketergantungan masyarakat akan hutan sehingga kelestarian SM Kerumutan ini pun dapat terjaga.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini