Balai TN Komodo Kukuhkan Saka Wanabakti Angkatan Ke-29

Kamis, 24 Maret 2022

Labuan Bajo, 24 Maret 2022. Para pelajar tingkat menengah atas dan sederajat yang mendaftarkan diri bergabung dengan Saka Wanabakti Balai Taman Nasional Komodo angkatan ke-29 akhirnya resmi dikukuhkan menjadi anggota. Kegiatan pendidikan dasar dan pelantikan anggota ini dilaksanakan pada tanggal 18 – 20 Maret 2022 di Kantor Kwartir Cabang 2416 Manggarai Barat yang dikoordinir oleh Tenaga Pengamanan Hutan Resort Kampung Kerora (Alwi) dan tim instruktur lainnya yang telah mendedikasikan dirinya untuk kemajuan Saka Wanabakti Balai Taman Nasional Komodo.

Kegiatan Pendidikan Dasar Saka Wanabakti sendiri merupakan kegiatan orientasi yang bertujuan memberikan pemahaman dasar tentang Kesakaan secara umum dan menjelaskan filosofi organisasi Saka Wanabakti kepada para anggota baru. Saka Wanabakti Tingkat Cabang Manggarai Barat Pangkalan Balai Taman Nasional Komodo telah aktif berkiprah sejak tahun 1993 sampai dengan 2022. Berbagai kegiatan telah diselenggarakan oleh anggota dan instruktur Saka Wanabakti selama periode pengabdiannya. Kegiatan-kegiatan tersebut diantaranya merupakan kegiatan perkemahan, pembinaan rutin untuk pendalaman krida, dan aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan di Manggarai Barat.

Kegiatan Pendidikan Dasar Saka Wanabakti pada kesempatan ini diikuti oleh Pramuka Penegak dari lima sekolah tingkat menengah atas dan sederajat di Labuan Bajo. Adapun sekolah yang berpartisipasi antara lain: MAN Manggarai Barat, SMAN 2 Komodo, SMKN 1 Labuan Bajo, SMKN 3 Komodo, dan SMK Stella Maris Labuan Bajo. Kegiatan Pendidikan Dasar dan Pelantikan anggota baru ini mendapatkan dukungan penuh dari pimpinan Balai Taman Nasional Komodo dengan turut hadirnya Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Dwi Putro Sugiarto) selaku Ketua Pimpinan Saka Wanabakti Balai Taman Nasional Komodo.

Alwi berharap agar kegiatan kepemudaan yang dilaksanakan oleh Saka Wanabakti Balai Taman Nasional Komodo dapat menginspirasi muda mudi pelajar di Kabupaten Manggarai Barat untuk turut bergabung dan berkarya dalam dunia kepramukaan. Tentunya pengalaman aktif berorganisasi di luar sekolah melalui Saka Wanabakti diharapkan dapat mempersiapkan soft skills para pelajar ketika hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ataupun ingin langsung terjun ke dunia kerja.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Tenaga Pengamanan Hutan Resort Kampung Kerora - Alwi (+6281238715593)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo +6282145675612

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini