Optimalkan Pengelolaan Kawasan, BBTN Lore Lindu Resmikan Kantor Resort Toro

Kamis, 27 Januari 2022

Kepala BBTNL, Ir. Jusman menerima penyerahan kunci kantor Resort Toro (dok: I Made Arya M, Muh. Darmawan Basoka, Elno Talemba)

Sigi, 27 Januari 2022. Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL)  meresmikan kantor Resort Toro Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Gimpu di Desa Toro, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sabtu (22/1) sebagai optimalisasi pengelolaan kawasan TN Lore Lindu.

Dalam peresmian kantor Resort Toro ini dirangkaikan dengan ritual 'Memasuki Rumah Baru' dalam balutan Adat Toro, pembacaan doa dan pemotongan tumpeng. Kegiatan ini berlanjut dengan penyerahan kunci kantor Resort Toro dari Kepala Bagian Tata Usaha BBTNLL, Arma Janti Massang selaku penanggung jawab pembangunan kantor Resort Toro kepada Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu, Ir. Jusman. Penyerahan kunci ini sebagai simbol bangunan kantor Resort Toro secara resmi telah diserahkan kepada pihak BBTNLL untuk selanjutnya diserahkan kepada Kepala Resort Toro, Vina Safinatus Sa’adah untuk dioperasionalkan sebagai kantor resort yang berfungsi dalam mendukung optimalisasi pengelolaan Taman Nasional Lore Lindu melalui dukungan manajemen berupa pengadaan sarana dan prasarana penunjang.

Kepala BBTNLL Bersama Anak-Anak Sekolah Alam Toro (dok: I Made Arya M, Muh. Darmawan Basoka, Elno Talemba)

Dalam sambutannya, Ir. Jusman mengatakan bahwa Kantor Resort Toro ini, selain sebagai kantor resort juga merupakan wadah pusat informasi yang diharapkan dapat bermanfaat untuk Desa Toro dengan kearifan lokalnya, yang kedepannya dicanangkan akan menjadi salah satu Desa Wisata di Kabupaten Sigi. Dalam kesempatan ini pula rombongan Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu juga menyempatkan diri untuk bertemu dengan Anak-anak Sekolah Alam Toro yang dibina oleh Bapak Said Tolao, anak-anak ini terlihat begitu bahagia ketika dapat berjumpa dengan Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu yang ikut bernyanyi dan tertawa bersama Anak-anak Sekolah Alam Toro.

Dalam peresmian ini hadir Kepala Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu, Ir. Jusman dan Kepala Bagian Tata Usaha, Arma Janti Massang yang didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Saluki, Abdul Rajab dan Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Gimpu, Marselinus Y. Ado. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita, dan Aparat Pemerintah Desa Toro.

Sumber : I Made Arya Murtiyasa - Polhut Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Gimpu, Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini