Dedikasi Kelompok Komunitas Pemuda Peduli Lingkungan Desa Tarupa Untuk Konservasi Alam

Senin, 20 Desember 2021

Pulau Tarupa Besar, 20 Desember 2021. Kelompok Komunitas Pemuda Peduli Lingkungan (KPPL) Desa Tarupa ini terbilang baru namun eksistensi dan konsistensinya tidak diragukan lagi. KPPL Desa Tarupa aktif dalam berbagai kegiatan konservasi baik yang dilakukan secara mandiri maupun bersama dengan pihak Balai Taman Nasional (TN) Taka Bonerate.

Belum lama ini, KPPL Desa Tarupa bersama petugas Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Tarupa melakukan kegiatan transplantasi karang di Pulau Tarupa Besar dan sebanyak 350 buah rangka berhasil terpasang (6 s.d 7/12).

Transplanstasi karang (coral transplantation) merupakan usaha mengembalikan kondisi ekosistem terumbu karang melalui pencangkokan atau pemotongan karang hidup untuk ditanam di tempat lain atau di tempat yang karangnya telah mengalami kerusakan untuk pemulihan atau pembentukan terumbu karang alami.

Dalam kunjungan kerjanya (17/12) terkait pemberdayaan masyarakat, Kepala Balai TN Taka Bonerate, Faat Rudhianto, S.Hut. M.Si bertemu dan berdiskusi langsung dengan KPPL Desa Tarupa. Selain bentuk pembinaan Balai terhadap generasi muda, Kepala Balai turut menyampaikan apresiasi atas kepedulian dan partisipasi kelompok.

Pelibatan masyarakat dalam kegiatan transplantasi mulai dari pengadaan bahan, pembuatan rangka transplantasi, sampai pelaksanaan kegiatan transplantasi karang di lapangan, merupakan bentuk edukasi dan penyadartahuan kepada masyarakat.

Kepala Balai juga menyampaikan, bahwa tambak garam yang baru saja selesai dibuat akan diserahkan pengelolaannya kepada kelompok KPPL sebagai bentuk apresiasi atas pencapaian selama ini.

"Semoga tambak garam ini bermanfaat untuk kelompok dan masyarakat desa dalam kawasan, khususnya Desa Tarupa", tutur Faat Rudhianto.

Sumber: Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini