Pembinaan Habitat Pengkayaan Pakan Bekantan di TWA Pulau Bakut

Selasa, 02 Maret 2021

Barito Kuala, 28 Februari 2021 – Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan, Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc melakukan penanaman sebagai bagian dari Pembinaan Habitat dengan Pengkayaan Pakan Bekantan (Nasalis lavartus) di kawasan konservasi Taman Wisata Alam (TWA) Pulau Bakut. Ini dilakukan untuk memperbaiki kondisi ekosistem yang telah mengalami kerusakan dapat kembali pulih seperti sediakala mendekati kondisi awal/aslinya (dalam hal komposisi vegetasinya).

Jenis yang ditanam untuk Pengkayaan Pakan Bekantan (Nasalis lavartus) di blok rehabilitasi TWA Pulau Bakut yaitu dengan jenis Rambai (Sonneratia caseolaris). Jumlah bibit yang ditanam sebanyak 2.000 batang dan untuk mengetahui pertumbuhan tanaman dimasa mendatang dibuat Sonneratia PUP dengan luas 0,025 Ha (50 Meter x 50 Meter).

Kepala BKSDA Kalsel Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc mengharapkan tanaman yang ditanam dapat tumbuh dengan baik dan diperlukan pengawasan dan pengamanan yang lebih ekstra sehingga dapat menekan persentase kematian tumbuhan agar bisa dipertahankan persentasi hidup tanamannya, baik metode drone maupun groundcheck sehingga tanaman yang ditanam persentase tumbuhnya bisa dihitung secara cepat dan valid.

Turut serta Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Banjarbaru, M. Ridwan Effendi, S.Hut, M.Si, Kepala Resort TWA Pulau Bakut Imam Riyanto S,Hut dan jajarannya, Kepala Resort Pulau Kembang, Suwandi, Ketua Kelompok Masyarakat Mitra Pariwisata Desa Beringin H. Muhammad Jainuri dan Koordinator  Urusan Kawasan Konservasi BKSDA Kalsel, Mila Rabiati, S.Hut, M.Si.

Sebagai informasi, kegiatan penanaman dan pengkayaan jenis dalam rangka Pembinaan Habitat dengan Pengkayaan Pakan Bekantan (Nasalis lavartus) pada kawasan yang telah mengalami kerusakan sesuai dengan  Perditjen KSDAE Nomor : P.12/KSDAE-Set/2015 tentang Pedoman Tata Cara Penanaman dan Pengkayaan Jenis dalam Rangka Pemulihan Ekosistem Daratan pada Kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian Road To HKAN 2021 lingkup BKSDA Kalimantan Selatan  (ryn).

2-2021-03-01 at 16.44.10

 

3-2021-03-01 at 16.46.30

Sumber : Noer Vana Dwi Prasetyo - PEH Balai KSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini