Bunga Raflesia Ada Juga Di Lampung Lho

Sukaraja, 4 Juli 2020. Kunjungan kerja Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati, Ditjen KSDAE, Indra Exploitasia  dalam rangka menyaksikan pelepasliaran satwa di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan disambut dengan mekarnya Bunga Padma (Rafflesia arnoldii) di Patok 50 Resort Sukaraja Atas, salah satu spot lokasi pelepasliaran satwa dan merupakan habitat dari Bunga Padma.

Patok 50 Resort Sukaraja Atas secara administrasi berada di Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung. Bunga Padma yang lebih dikenal secara umum dengan Bunga Raflesia merupakan icon dari Provinsi Bengkulu, hingga Bengkulu lebih dikenal juga sebagai Bumi Raflesia.

Plt. Kepala Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Ismanto, S.Hut.,M.P. menyampaikan bahwa TNBBS telah mengambil langkah tindak lanjut pada salah satu potensi kekayaan keanekaragaman hayati yang dimiliki TNBBS ini. “Sejak tahun 2013, kita telah membuat Plot Sampel Permanen (PSP) Bunga Padma (Rafflesia arnoldii) di daerah Patok 50 dan sekitarnya.  Keberadaan flora langka ini tersebar dibeberapa titik sehingga PSP bunga Padma dibuat sebanyak 3 Plot.  Pada 4 Desember 2019, bunga ini mekar secara fenomenal, dimana 3 bunga langsung mekar secara bersamaan.   Fenomena mekarnya bunga ini juga pernah terjadi di tahun 2009 dimana Bunga Rafflesia mekar bukan di lantai hutan tetapi pada tetrastigma yang melilit batang pohon” papar Ismanto.

Keberadaan Bunga Padma di TNBBS yang merupakan bagian dari wilayah administratif Provinsi Lampung belum diketahui secara luas oleh masyarakat, khususnya masyarakat Lampung. “TNBBS perlu meningkatkan upaya untuk mempromosikan potensi ekowisata yang dimiliki melalui media promosi yang kita padang efektif. Adanya Bunga Raflesia di TNBBS yang masih masuk wilayah Provinsi Lampung, merupakan salah satu daya tarik wisata tersendiri, dan dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke TNBBS. Akses menuju Patok 50 ini sangat mudah, karena berada di sisi ruas jakan Sanggi-Bangkunat, yang merupakan salah satu ruas Jalan Nasional yang berada di dalam kawasan TNBBS” tambah Ismanto.

Sumber : Humas Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan 

Photo by: Vivin A - Penyuluh Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini