Ukiran Prestasi TN Matalawa Pada Puncak Peringatan HKAN

Bontang, 15 September 2020 - Puncak peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2020 yang digelar pada tanggal 15 dan 16 September 2020 di Taman Nasional Kutai, Bontang, menghadirkan suasana yang berbeda dari perhelatan HKAN pda tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, HKAN diselenggarakan di tengah masa pandemi COVID-19 sehingga protokol-protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah dalam rangka penanganan wabah COVID-19, wajib ditaati seluruh peserta yang hadir. Penggunaan masker dan face shield  menjadi kewajiban bagi seluruh peserta, selain mencuci tangan dan menjaga jarak antar pengunjung.

Pada HKAN tahun ini, Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) memperoleh penghargaan sebagai peringkat ke 5 dalam program desa binaan. Penghargaan diberikan kepada Ketua Kelompok Masyarakat Pelestari Hutan (KMPH) di Desa Bidi Praing, Daud L. Mbani serta penyuluh kehutanan dari TN Matalawa, yakni Diecky Arif Rahman dan Dedy Edwin Paultha Soh.

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Wiratno, beserta Sekretaris Ditjen KSDAE, Tandya Tjahjana, memberikan langsung penghargaan kepada Ketua KMPH dan penyuluh kehutanan, serta disaksikan oleh Kepala Balai TN Matalawa, Memen Suparman, serta seluruh undangan pada acara HKAN.

Daud L. Mbani sebagai Ketua KMPH sebelumnya juga telah menorehkan beberapa prestasi, bahkan beliau juga pernah mendapatkan penghargaan dari Presiden Repubik Indonesia sebagai Petani Teladan pada tahun 2012. Saat ini aktifitas KMPH di Desa Bidi Praing adalah melakukan pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) dari kawasan TN berupa pembuatan keripik serta menjadi pelopor dalam melakukan sosialisasi 3 pilar konservasi untuk kelestarian kawasan TN Matalawa. Kelompok ini juga berperan aktif dalam melestarikan lingkungan desa dengan membagikan bibit gratis di lingkungan sekitar tempat tinggal mereka.

 

Sumber: Balai TN Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini