Bersih Pesisir Pantai Di Kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean

Ampana-Jumat, 11 Oktober 2019. Balai TN Kepulauan Togean ikut serta berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan Bersih Pesisir Pantai yang diinisiasi oleh Pemerintah Kecamatan Una-Una. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kawasan Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (BTNKT), yakni di depan pasar lama Desa Wakai Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Wakai pada hari ini Jumat dari pukul 07.00 WITA hingga selesai.

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan adalah bersih-bersih pesisir pantai. Pelaksanaan kegiatan ini dihadiri oleh Ir. Bustang (Kepala Balai TNKT), didampingi oleh Kasubag TU dan Kepala SPTN Wilayah II Lebiti dan SPTN Wilayah III Popolii, staf BTNKT serta stakeholder terkait yakni Pemerintah Kecamatan Una-Una dihadiri langsung oleh Camat Una-Una, Kapolsek, Koordinator Pelabuhan Feri Wakai, serta masyarakat sekitar Desa Wakai dengan total jumlah partisipan ±100 orang. Adapun Tema Bersih Pantai yang diusung kali ini adalah Mari Kita Tidak Membuang Sampah Di Laut Karena Laut Bukan Tempat Sampah.

Hasil dari bersih pantai di kawasan TNKT SPTN wilayah I Desa Wakai Kecamatan Una-Una ini diperoleh sampah sebanyak ±10 ton. Sampah-sampah yang telah terkumpul dikumpulkan menjadi satu lalu diangkut menggunakan mobil sampah untuk dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berada di Desa Lembanya, Kecamatan Una-Una.

Isu terkait pencemaran sampah di laut lebih kompleks dan menjadi perhatian publik serta pemerintah Indonesia. Di lain Pihak, Pemerintah secara konsisten terus mengembangkan sektor pariwisata serta infrastruktur transportasi penghubung antar kepulauan di Indonesia yang dikenal dengan Tol Laut. Kebijakan pembangunan ini harus ditunjang dengan kondisi lingkungan yang bersih dari sampah terutama di kawasan pesisir dan laut, ujar Bustang. Ir. Bustang juga menghimbau agar masyarakat disekitar pasar di Desa Wakai untuk membuang sampah pada tempat yang telah disediakan agar sampah yang telah dikumpulkan dibawa oleh pihak kecamatan ke tempat pembuangan akhir agar sampah-sampah tersebut tidak menumpuk disekitar pasar lagi..

Sumber: BTN Kep.Togean

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini