Semarak Kemerdekaan Pulau Sumba

Waingapu, 13 Agustus 2019. Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia sudah di depan mata. Berbagai macam kegiatan diselenggarakan untuk memeriahkan hari nasional ini. Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) yang kawasannya terletak di 3 kabupaten, turut andil dengan mengikuti pameran dan karnaval yang diselenggarakan di Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Timur.

Berbeda dengan pameran di Sumba Timur, pameran pembangunan di Sumba Barat baru saja dibuka tanggal 13 Agustus. Pameran diselenggarakan di Gelora Pada Eweta dan dibuka oleh Bupati setelah sebelumnya menerima iring-iringan karnaval dari para SKPD, BUMN, BUMD, serta organisasi kemasyarakatan. Setelah membuka, Bupati melanjutkan dengan mengunjungi booth-booth peserta pameran termasuk TN Matalawa yang bergabung dengan Dinas Lingkungan Hidup. Bupati, Wakil Bupati beserta jajarannya diterima Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I, Abdul Basti Nasriyanto, S.Hut, M.Sc, dan diberikan souvenir ramah lingkungan yaitu tas kanvas, botol minum, topi, dan buku. Bupati sangat berterimakasih kepada TN Matalawa yang telah aktif menggerakkan semangat konservasi dan cinta lingkungan di Kabupaten Sumba Barat.

Tidak kalah meriah, pada tanggal yang sama, Kabupaten Sumba Timur juga menyelenggarakan karnaval. Balai TN Matalawa beserta ibu anggota Darma Wanita dengan jumlah peserta lebih dari 50 orang, mengikuti pawai kemerdekaan. Sepanjang perjalanan kurang lebih 3 kilometer, ornamen burung kakatua jambul jingga yang dihias di salah satu mobil dinas menjadi daya tarik tersendiri bagi para penonton di pinggir jalan. Dengan misi khusus menyebarkan virus konservasi, para peserta pawai membagikan souvenir kepada para penonton. Pawai ini berakhir di pendopo rumah jabatan Bupati Sumba Timur dan seluruh peserta diterima oleh Bupati dan jajarannya.

Sumber: Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini