Balai Besar KSDA Papua Barat dan Pertamina Tandatangani Perjanjian Kerjasama Konservasi Tumbuhan dan Satwa Liar In Situ dan Ex Situ

Jumat, 20 April 2018

Sorong, 17 April 2018. Menindaklanjuti hasil Nota Kesepahaman Kerjasama tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem di Papua Barat, bertempat di Kasuari Valley Resort Balai Besar KSDA Papua Barat bersama Pertamina (persero) RU VII Kasim menandatangani perjanjian kerjasama. Kerjasama difokuskan pada penguatan fungsi dukungan penyelenggaraan konservasi in situ dan ex situ  tumbuhan dan satwa liar dilindungi di Papua Barat. Harapannya, ini menjadi salah satu penguatan fungsi mendukung pelestarian tumbuhan dan satwa liar di dalam dan luar kawasan konservasi.

Menurut Joko Pranoto, General Manager Pertamina RU VII Kasim, konservasi alam menjadi tanggung jawab bersama. Penandatanganan PKS ini adalah dukungan nyata Pertamina RU VII Kasim dalam mendukung konservasi tumbuhan dan satwa liar baik in situ maupun ex situ termasuk didalamnya juga pemberdayaan masyarakat.

Hal senada diutarakan oleh Kepala Balai Besar KSDA Papua Barat, R. Basar Manullang bahwa cara baru pengelolaan kawasan konservasi salah satunya dengan kerjasama multipihak. Hal ini dapat mengurangi kendala kekurangan tenaga ASN Balai Besar KSDA Papua Barat yang tidak seimbang dengan luas kawasan yang dikelola. Harapannya ini menjadi motivasi bagi seluruh pegawai sehingga dapat segera disusun Rencana Pelaksanaan Program dan Rencana Kerja Tahunan serta melangkah ke implementasi program yang dikerjasamakan.

    

Sumber: BBKSDA Papua Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini