200 Mahasiswa Universitas Negeri Malang Clean Up di TN Bali Barat

Gilimanuk, 31 Maret 2018. Mahasiswa jurusan biologi Universitas Negeri Malang (UM) yang sedang Kuliah Kerja Lapangan (KKL) melaksanakan aksi bersih (clean up) di Pantai Cekik, Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Aksi bersih yang dilaksanakan pada Sabtu 31 Maret 2018 diikuti oleh 200 mahasiswa, 30 asisten dosen, 6 dosen pembimbing, 2 tenaga ahli dari LIPI dan didampingi oleh petugas dari SPTN Wilayah 1 Jembrana.

Aksi bersih peduli sampah ini dilakukan dengan berjalan kaki sambil melakukan pengambilan sampah plastik/anorganik di sepanjang Pantai Cekik mulai dari belakang kantor SPTN 1 Jembrana hingga kantor balai TNBB. Sampah anorganik yang dihasilkan sejumlah 368 kg yang terdiri dari stereofoam 18 kg, botol kaca 150 kg, plastik 52 kg dan karet 148 kg. Selanjutnya sampah dikumpulkan di sekitar lokasi camping ground untuk diangkut menuju ke TPS.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Lapangan yang dilaksanakan di TN Bali Barat selama tiga hari dari tanggal 30 Maret s.d. 1 April 2018. Pada hari pertama, mahasiswa melaksanakan kegiatan analisis vegetasi di blok phutan Sumber Rejo, pemasangan light trap untuk mendapatkan serangga malam, serta pemasangan jebakan untuk mendapatkan mikroorganisme tanah.

Pada hari ketiga nanti direncanakan untuk pengamatan spesies moluska di sepanjang Pantai Cekik dan Pantai Karangsewu, serta pengambilan jebakan mikroorganisne tanah yang telah dipasang pada hari pertama.

Kegiatan semacam ini telah sesuai dengan pengertian taman nasional menurut Undang-undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Kpnservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, dimana pengelolaan taman nasional dengan menerapkan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi.

Sumber : Balai Taman Nasional Bali Barat

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini