Petugas Evakuasi Monyet Ekor Panjang Dari BPBD Kota Binjai

Rabu, 21 Agustus 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Serah terima satwa dari petugas BPBD Kota Binjai kepada petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Binjai, 20 Agustus 2024. Bermula dari laporan petugas Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kota Binjai tentang rencana penyerahan 1 (satu) ekor Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis). Menindaklanjuti laporan tersebut petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah II Stabat menyambangi lokasi di kantor BPBD Kota Binjai pada Minggu, 18 Agustus 2024, dan melakukan evakuasi monyet ekor panjang berkelamin jantan dan usia dewasa. 

Dari keterangan petugas BPBD Kota Binjai, bahwa satwa liar tersebut direscue setelah terjadi interaksi negatif dengan warga di  Kelurahan Binjai Estate, jalan Gunung Jaya Wijaya, Lingkungan X, Kecamatan Binjai Selatan. Hingga saat ini  masih ada 2 ekor lagi yang berkeliaran di sekitar perkampungan warga. 

Interaksi negatif monyet ekor panjang dengan warga ini sebelumnya telah memakan korban, dimana 3 orang anak dan 1 orang dewasa diserang/digigit monyet ekor panjang, sehingga menjalani pengobatan dan perawatan di rumah sakit.  


Tangan salah seorang warga yang terluka akibat serangan monyet ekor panjang

Interaksi negatif  ini ternyata sudah terjadi selama satu minggu dan  pihak Kelurahan Binjai Estate, Kecamatan Binjai Selatan, berharap agar segera ada tindakan penanganan lanjutan dari pihak-pihak terkait menyangkut masih adanya 2 ekor monyet ekor panjang lagi yang sedang berkeliaran, guna menghindari jatuhnya korban berikutnya. Saat ini monyet ekor panjang tersebut dititipkan  ke kandang satwa lembaga mitra Yayasan Scorpion Indonesia  di Medan untuk dilakukan observasi sebelum nantinya dilepasliarkan ke habitatnya.

Sumber : Herbert BP. Aritonang, S.Sos, MH. (Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Stabat) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini