Pemeriksaan Kesehatan Harimau Sumatera di Medan Zoo

Kamis, 16 Maret 2023

Tim medis saat memeriksa kondisi kesehatan harimau

Medan, 16 Maret 2023. Pemeriksaan kesehatan terhadap 2 (dua) ekor satwa liar Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang merupakan satwa koleksi Medan Zoo (Kebun Binatang Medan), yaitu “Manis” dan  “Anggi” dilakukan pada Selasa, (14/3). Pemeriksaan dilakukan oleh Tim Medis dari Kebun Binatang Gembiraloka Yogyakarta, Medan Zoo yang didampingi dokter hewan dari Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit Balai Besar KSDA Sumatera Utara, drh. Fatima Sari. Pemeriksaan meliputi check fisik, pemeriksaan gigi, USG dan pemotongan kuku.

Tim Medis telah melakukan pengambilan sampel darah dari kedua harimau tersebut untuk pemeriksaan hematologi rutin dan kimia darah, yang nantinya akan dilakukan di Klinik Cita Vet, Medan Petisah, Kota Medan. Juga pengambilan sampel rambut untuk dilakukan uji DNA, namun untuk sementara masih disimpan di klinik Medan Zoo menunggu penerbitan Surat Angkut Tumbuhan dan Satwa Dalam Negeri (SATS DN) nya.

Tim medis dengan teliti melakukan pemeriksaan kesehatan

Selain itu, akan dilakukan pemeriksaan uji titer antibodi rabies oleh Balai Vet Medan, dan saat ini sampel masih disimpan di Medan Zoo sambil menunggu kelengkapan administrasinya. Seluruh kegiatan pemeriksaan kondisi kesehatan “Manis” dan  “Anggi” berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang direncanakan.

Sumber : Herbert BP. Aritonang, S.Sos., MH. (Kepala SKW II Stabat) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini