Pembinaan dan Penguatan Kelompok Pecinta Alam atau Kader Konservasi Alam

Jumat, 25 November 2022 BKSDA Kalimantan Selatan

Banjarbaru, 21 November 2022 – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Selatan memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa tahun 2022 dengan melaksanakan Pembinaan Kelompok Pecinta Alam/Kader Konservasi, Senin (21/11), di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes), Provinsi Kalimantan Selatan. 

Ketua pelaksana, Endah Wahyuni K, S.Si. mengatakan "Kegiatan ini untuk mendorong pengembangan aktifitas kelompok pecinta alam/ kader konservasi/penggiat lingkungan, mengembangkan wawasan dan pengetahuan, melakukan koordinasi dan berbagi pengalaman antar anggota kelompok serta aktif berperan dan berpartisipasi dalam upaya konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya".

Peserta Sebanyak 20 orang yang terdiri dari Green Leadership Indonesia (GLI), Kelompok Gahipta, Kelompok Nayaka Cyber Indonesia, HMI Cabang Banjarbaru, HMI Komisariat Kehutanan, Mapala Sylva Fakultas Kehutanan ULM dan Saka Wanabakti diberikan materi yang memotivasi agar anggota kelompok  lebih maksimal lagi dalam melaksanakan peran dan partisipasinya dalam upaya konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem, khususnya generasi muda para penggiat konservasi/lingkungan di Kalimantan Selatan.

Dalam sambutannya Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha Bapak Suwandi, S.Hut., MA. menyampaikan bahwa kegiatan ini pertama kali diadakan setelah ±7 tahun vakum. Narasumber kegiatan ini berasal dari Universitas Lambung Mangkurat Bapak Dr. Badaruddin, S.Hut., M.P. dan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan Bapak Supiani, S.Hut, dipandu moderator dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini bisa saling menjaga kelestarian alam di Kalimantan Selatan. Karena maraknya kerusakan hutan dan alih fungsi hutan menjadikan hutan di Kalimantan Selatan semakin sedikit. Ayo kita bersama-sama menjaga bumi ini terutama hutan kita.

3-2022-11-24 at 18.02.25

Pada kesempatan lain, Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Bapak Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M. Sc., menyatakan bahwa generasi muda sangat berperan penting dalam menjaga keberlanjutan dan kelestarian alam, khususnya habitat flora dan fauna. Kegiatan ini diharapkan sebagai awal utk menyatukan visi dari berbagai unsur pemuda yang peduli terhadap konservasi lingkungan hidup sekaligus menguatkan kegiatan FOLU Net Sink yang sedang digalakkan pemerintah. (ryn)

Sumber : Endah Wahyuni Kuswidyosusanti, S.Si. - Koordinator PJLHK Balai KSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini