Lima Ekor Lutung Jawa Dilepasliarkan di Pulau Sempu

Rabu, 24 Juli 2024 BBKSDA Jawa Timur

Malang, 23 Juli 2024. Upaya aksi Penyelamatan Satwa liar dan Road To HKAN 2024, Balai Besar KSDA Jawa Timur (BBKSDA Jatim) bersama Pusat Rehabilitasi Lutung Jawa (The Aspinall Foundation-Indonesia Program/TAF-IP) telah melaksanakan pelepasliaran Lutung Jawa (Trachypithecus auratus), pada tanggal 22-23 Juli 2024 di Cagar Alam Pulau Sempu, Kabupaten Malang.

Ada 5 ekor Lutung Jawa yang dilepasliarkan, yang terdiri dari 2 ekor jantan dan 3 ekor betina. Kelima  ekor lutung tersebut dilepasliarkan di dua Blok yang berbeda. 

Sebelum kegiatan pelepasliaran, kelima individu lutung telah menjalani pemeriksaan kesehatan atau General Medical Check Up. Dan adapun jenis pemeriksaan yang dilakukan antara lain pemeriksaan fisik, pemeriksaan parasit internal pada feses, hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, herpes, Tuberculosis (TBC), SIV (Simian Immunodeficiency Virus), STLV (Simian T-lymphotropic Virus), SRV (Simian Retro Virus) dan kultur bakteri melalui swab rectal.

Setelah pelepasliaran, tim BBKSDA Jatim dan tim Pusat Rehabilitasi Lutung Jawa akan melakukan monitoring keberadaan dan kemampuan satwa yang dilepasliarkan dalam beradaptasi terhadap habitat alaminya yang baru. Kegiatan monitoring pasca pelepasliaran ini dilakukan dengan metode observasi langsung di lapangan. Adapun parameter yang diamati dalam observasi adalah pergerakan harian, home range dan teritory area, jenis dan karakteristik pohon tidur, serta jenis tumbuhan pakan dan perilaku harian. 

Sumber : Agus Irwanto - Balai Besar KSDA Jawa Timur


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini