Enam Orangutan Translokasi Ke SRO Bukit Tiga Puluh Jambi

Selasa, 02 Juli 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Sibolangit, 2 Juli 2024. Enam individu Orangutan Sumatera (Pongo abelii) telah di translokasikan dari Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orangutan (PKRO) Batu Mbelin Sibolangit, Sumatera Utara, ke Stasiun Reintroduksi Orangutan (SRO) Bukit Tiga Puluh Jambi, pada Kamis 27 Juni 2024 melalui jalan darat.

Sebelum di translokasi, sesuai dengan prosedur, Tim terlebih dahulu melakukan  pembiusan terhadap  orangutan untuk dilakukan pengecekan kondisi kesehatannya berupa pengecekan suhu tubuh dan penimbangan berat badan. Usai dilakukan pemeriksaan kesehatan dan dipastikan dalam kondisi sehat serta layak, kemudian keenam orangutan dimasukkan ke dalam kandang angkut, untuk selanjutnya meninggalkan Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orangutan, Batu Mbelin Sibolangit, bergerak menuju ke Stasiun Reintroduksi Orangutan Bukit Tiga Puluh, Jambi.

Adapun keenam orangutan tersebut, adalah : Otan, jantan, 8 thn, Marleni, betina, 6 thn, Rakugaia, betina, 5 thn, Bob, jantan, 6 thn, Unip, betina, 5 thn dan Joded, jantan 11 thn. Turut mendampingi Kepala Resort Cagar Alam/Taman Wisata Alam (CA./TWA) Sibolangit, dan tenaga medis (1 orang dokter hewan dan 1 orang Keeper). Selama di perjalanan Tim terus melakukan pemantauan kondisi satwa dan memberikan makan serta minum.

 

Saat pemindahan ke kandang SRO Bukit Tiga Puluh, Jambi

Setelah melalui perjalanan panjang, akhirnya rombongan tiba di Polsek Marule  Kabupaten Jabung Barat, Jambi, pada Jumat (28/6) sekitar pukul 21.30 Wib, dan melakukan pemindahan kandang ke dalam mobil angkut menuju Stasiun Reintroduksi Orangutan Bukit Tiga Puluh, dan tiba di lokasi di Desa Danau Alo, jam 03.10 Wib, pada Sabtu (29/6). Pemindahan keenam individu orangutan ke kandang besar disaksikan petugas Balai KSDA Jambi, petugas Kepolisian Sektor (Polsek) Marule, petugas SOCP dan petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang diwakili Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit.

Sumber : Suparman, SP. (Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 3.3

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini