Perang Melawan Pengganggu Danau Ranu Pani Masih Berlanjut

Selasa, 15 Mei 2018

Ranupani, 15 Mei 2018. Para volunteer yang dikoordinir Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan Gimbal Alas lakukan kegiatan bersih salvinia Danau Ranu Pani pada Minggu, 13 Mei 2018. Ini merupakan aksi kerja bersama membersihkan gulma jenis Salvinia molesta pengganggu Ranu Pani.

Peserta kegiatan berasal dari beberapa organisasi pemerhati lingkungan, kelompok masyarakat dari Desa Ranu Pani, kelompok tani Ranu Lingga Rekisi, Forum Sahabat Gunung, Probolinggo Jeep Community, dengan jumlah peserta kurang lebih 200 orang dan luas ranu yang berhasil dibersihkan 0,25 ha.

John Kenedie Kepala Balai Besar TNBTS menjelaskan “kondisi awal sebelum pembersihan kali ini, Ranu Pani sudah bersih kurang lebih 60% dari luas 4 Ha, melalui kegiatan pembersihan dengan biaya dari TNBTS dan kegiatan sukarela yang dilaksanakan sebelumnya”.

“Kegiatan sukarela bersih ranupani mencerminkan kepedulian masyarakat pada keberadaan ranu pani sebagai salah satu danau yang penting sebagai penyangga sistem kehidupan khususnya di sekitar G.Semeru” tambah John Kenedie.

Kegiatan pembersihan danau Ranu Pani akan dilaksanakan hingga 100% bersih dari gulma. 

Sumber: Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini