Bajo Fest: Harmoni Laut dan Tradisi

Senin, 30 September 2024 BTN Kepulauan Togean

Ampana, 25 September 2024. Bajo Fest adalah sebuah festival yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una untuk mengenalkan budaya Suku Bajo yang berada di Desa Kabalutan, Kepulauan Togean. Bajo Fest 2024 diselenggarakan pada tanggal 14-16 September 2024. Suku Bajo merupakan salah satu etnik di Indonesia timur yang dikenal sebagai bangsa penjelajah lautan. Suku ini dahulu tinggal di atas perahu. Seiring dengan perkembangan zaman, orang-orang Suku Bajo mulai mengubah cara hidupnya dengan menetap dan membangun rumah-rumah panggung di atas permukaan laut dangkal sebagai tempat tinggal. Suku Bajo memiliki budaya maritim yang kuat, tinggal di permukiman terapung di laut lepas, bermata pencaharian mayoritas sebagai nelayan, dan sangat ahli dalam menyelam.


Dalam festival ini dilaksanakan berbagai perlombaan, seperti Lomba Kuliner, Lomba Fashion Show Beda Tuppa, Lomba Dayung Perahu dan Lomba Menyelam (Mudung). Selain itu ada pameran aktivitas kerajinan tangan dan sosialisasi dari Balai Taman Nasional Kepulauan Togean. Festival ini dibuka oleh Bupati Tojo Una-Una yang di wakilkan oleh staf ahli dengan dilakukan toki gong sebagai penanda dimulainya Bajo Fest Tahun 2024, dilanjutkan dengan pagelaran seni tradisional tari dan rebana.


Selanjutnya kegiatan sosialisasi transplantasi terumbu karang untuk generasi muda Suku Bajo yang merupakan siswa dan siswi SMP-SMA dari Desa Kabalutan. Sosialisasi ini tentang pengenalan ekosistem terumbu karang dan transplantasi karang dengan metode jaring laba-laba (web spider). Materi sosialisasi dibawakan oleh Balai Taman Nasional Kepulauan Togean, pemilik Sanctum DIve Resort dan pemilik Kadidiri Paradise Resort. Harapan kedepan dari kegiatan sosialisasi ini adalah semoga masyarakat, terutama, generasi muda lebih memahami tentang pentingnya menjaga dan melindungi terumbu karang sebagai satu kesatuan ekosistem yang utuh agar tercapai kesejahteraan masyarakat.

Rangkaian kegiatan Bajo Fest 2024 ditutup dengan pengumuman pemenang lomba. Harapan dari penyelenggaraan Bajo Fest 2024 adalah semoga kegiatan ini dapat berlanjut kedepannya sehingga Suku Bajo bisa dikenal lebih luas. 

Sumber : Balai Taman Nasional Kepulauan Togean



Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini