Tainia wrayana Surga Tersembunyi di Kawasan SM Siranggas

Jumat, 08 Maret 2024 BBKSDA Sumatera Utara

SM Siranggas, 8 Maret 2024. Sebuah temuan terbaru dalam kegiatan patroli pengamanan hutan di Suaka Margasatwa (SM.) Siranggas, yaitu sejenis anggrek Tainia wrayana yang ternyata tumbuhan endemik di dalam kawasan hutan SM. Siranggas. Temuan tersebut di dapatkan pada saat menyusuri kedalaman hutan SM. Siranggas dan di puncak sebuah bukit di dalam kawasan SM Siranggas. Jenis anggrek dengan nama latin Tainia wrayana tersebar di SM. Siranggas, tepatnya di sekitaran areal Desa Majanggut II, Kecamatan Kerajaan, Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara.

Tainia wrayana merupakan sejenis dengan family gastrodia, yaitu merupakan jenis anggrek tanpa bunga yang pertama sekali di temukan oleh tim Smart Patrol Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang, Balai Besar KSDA Sumatera Utara, pada saat patroli pengamanan hutan pada tanggal 4 s/d 7 Maret 2024. Tainia wrayana memiliki sebaran di sekitaran benua asia, dan untuk Indonesia ada di pulau Sumatera. Anggrek ini tumbuh baik di daerah yang beriklim tropis basah, dan sangat sesuai dengan kondisi iklim di kawasan SM. Siranggas.


Pesona yang indah dan keunikan dari anggrek jenis Tainia wrayana  tentunya harus dijaga agar tidak tergerus dan terancam populasinya akibat tangan-tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang merusak dan mengambilnya hanya untuk tujuan kesenangan. Oleh karena itu, menjadi skala prioritas untuk pelestarian tumbuhan langka dan endemik ini adalah perlindungan habitatnya, karena dengan melindungi habitatnya yaitu SM. Siranggas dan menjaga keanekaragaman hayatinya, tentunya sejalan dengan upaya melestarikan tumbuhan anggrek yang unik ini. Selain itu, edukasi dan penyadaran kepada masyarakat juga penting dilakukan untuk turut serta menjaga kelestarian kawasan ini. Boleh menikmati, tapi tidak untuk memiliki. Nikmati dan abadikan keindahannya melalui foto dan video (dokumentasi), sehingga kelestariannya tetap utuh terjaga. Salam lestari….

Sumber : Alamuddin Sahputra, S.Hut. (Penyuluh Kehutanan Ahli Pertama) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini