Kembangkan Wisata Alam Untuk Meningkatkan Ekonomi Kreatif Masyarakat

Jumat, 02 Juni 2023 Balai Besar TN Bukit Barisan Selatan

Jakarta, 1 Juni 2023 - Untuk mengenalkan dan mempromosikan objek – objek wisata alam yang ada di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan guna mengembangkan ekonomi kreatif masyarakat, Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) mengikuti Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam Indonesia (FTNTWA) 2023 di Istora Senayan - Kawasan Gelora Bung Karno Jakarta. Kegiatan FTNTWA diikuti oleh 15 Taman Nasional, diantaranya: Taman Nasional Gunung Cermai (TNGC); Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS); Taman Nasional Kelimutu; Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS); Taman Nasional Kutai; Taman Nasional Way Kambas (TNWK) dan Taman Nasional Tambora (TNT). 

Kegiatan FTNTWA diselenggarakan tanggal 1 – 4 Juni 2023 bersamaan dengan Indonesia Outdoor Festival (INDOFEST). Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Republik Indonesia, Ario Bimo Nandito Ario Tedjo secara resmi membuka INDOFEST, Kamis 1 Juni 2023, dan menyampaikan dukungannya atas pelaksanaan INDOFEST.

“Pelaku dunia usaha Outdoor dan jelajah alam didominasi oleh kawula muda, dan sector ini diharapkan dapat menjadi motor penggerak ekonomi masyarakat”, ujar Dito Ariotedjo.

Dukungan atas pelaksanaan INDOFEST juga disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Melalui rekaman video yang ditampilkan saat acara pembukaan INDOFEST, Menparekraf mengatakan bahwa dunia usaha Outdoor merupakan salah satu sektor ekonomi kreatif yang berpotensi untuk dikembangkan dalam meningkatkan perekonomian rakyat.

Saat Menpora Dito Ariotedjo mengunjungi Booth Pameran TNBBS, Plt. Balai Besar TNBBS, Ismanto, S.Hut.,M.P. menyampaikan secara singkat mengenai objek wisata alam yang ada di TNBBS, dan memberikan cindera mata berupa selendang tapis (kain tradisional masyarakat Lampung). Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Balai Besar TNBBS juga memberikan buku Wisata Alam TNBBS pada Bapak Hayono Isman (Menpora periode 1993 – 1998).

Kepala Subdit Jasa Wisata Alam Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi, Agung Nugroho, S.Si.,M.A yang mewakili Dirjen KSDAE saat mengunjungi Booth Pameran TNBBS mengatakan bahwa banyak potensi wisata alam yang dapat dikembangkan di Taman Nasional, khususnya yang berada di TNBBS. Buku Wisata Alam TNBBS dapat menjadi media yang efektif dalam mengenalkan dan mempromosikan wisata alam TNBBS.

Plt. Kepala Balai Besar TNBBS, Ismanto, S.Hut.,M.P kembali menyampaikan komitmen Balai Besar TNBBS dalam mendukung peningkatan ekonomi masyarakat di sekitar kawasan TNBBS. “Taman Nasional memiliki banyak objek wisata alam berbasis landscape yang dapat dipromosikan dan dikembangkan. Dalam pengelolaan wisata alam ini dengan memberdayakan masyarakat di sekitar kawasan TNBBS, sehingga masyarakat merasakan manfaat atas keberadaan TNBBS. Booth Pameran TNBBS tidak hanya menampilkan keindahan alam serta flora dan fauna TNBBS, tapi juga kami membantu memasarkan produk rumah tangga Kelompok Tani Hutan Binaan yang berupa kopi kemasan, keripik pisang dan madu”,papar Ismanto.


Sumber : Balai Besar TN Bukit Barisan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini