Aksi Tim Terios 7 Wonders di TN. Aketajawe Lolobata

Senin, 17 Juli 2017

Sofifi, 17 Juli 2017. Pengamatan burung Bidadari Halmahera memang sangat mengasikkan, terlebih lagi dilakukan bersama-sama seperti yang telah dilakukan oleh tim Terios 7 Wonders dari Daihatsu Astra Indonesia ini. Selain itu tim ekpedisi juga mengunjungi pemukiman Masyarakat Tobelo Dalam (MTD) dan memberikan bantuan CSR kepada anak-anak MTD yang terdaftar sebagai siswa sekolah alam di sekitar Resort Tayawi serta mengadopsi pohon di Resort Tayawi.

Tepat pukul 04:00 WIT, para anggota ekspedisi yang terdiri dari para blogger, penulis dan videographer sudah mulai bersiap menuju tempat pengamatan Bidadari Halmahera. Didampingi oleh Pokja Database dan petugas SPTN Wilayah I Weda, mereka berangkat menyusuri sungai Tayawi dan menyeberanginya sebanyak 3 (tiga) kali. Perjalanan sekitar 1 jam 30 menit dengan bantuan lampu akhirnya bisa terlewati dan sampai di lokasi pengamatan Bidadari Halmahera (Semioptera wallacii).

Informasi sebelumnya yang didapatkan dari petugas Resort Binagara bahwa jumlah burung Bidadari Halmahera di Resort Binagara meningkat, tim pemandu berharap di Resort Tayawi juga demikian. Terbukti, saat tiba di tempat pengamatan, terlihat Bidadari Halmahera menari-nari dan bernyanyi bahkan sampai pukul 09:00 dan terus beraktivitas sampai tim Terios meninggalkan lokasi. Bidadari Halmahera terlihar sekitar 10-15 ekor dengan betina sebanyak 3 (tiga) ekor.

Saat melakukan pengamatan, tim Daihatsu Terios sangat antusias dengan mengikuti arah tarian sang Bidadari menggunakan binokuler. Tak lupa mereka mengabadikan momen-momen tersebut. Empat orang anggota ekspedisi menaiki rumah pohon agar lebih dekat dalam pengambilan foto maupun video Bidadari Halmahera.

Setelah puas menikmati tarian Bidadari, tim kembali ke kantor Resort Tayawi untuk melihat pemukiman Masyarakat Tobelo Dalam (MTD) atau suku Togutil. Dalam perjalanan pulang mereka bisa melihat pemandangan sungai Tayawi saat siang hari dan mengabadikan pemandangan tersebut, beberapa diantaranya menikmati sungai Tayawi dengan berenang.

Sesampainya di pemukiman MTD, para pengunjung melakukan sesi foto maupun swafoto bersama anggota MTD dan memberikan bantuan kepada siswa-siswi anggota MTD di Resort Tayawi. Bantuan yang diberikan berupa peralatan sekolah seperti tas punggung, buku dan peralatan tulis lainnya.

Sebelum meninggalkan kawasan taman nasional, Terios 7 Wonders ikut dalam program adopsi pohon Resort Tayawi dengan mengadopsi 1 (satu) pohon mangga yang ditanam di pinggir jalan kantor Resort Tayawi.

Sumber Info : Akhmad David Kurnia Putra - Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini