Road to HKAN 2021: Bersih Sampah dan Tanam Mangrove di TWA BUSUWA

Senin, 29 Maret 2021

Pulau Burung, 24 Maret 2021 – Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) memeriahkan Road to HKAN 2021 di Taman Wisata Alam Pulau Burung dan Pulau Suwangi (TWA BUSUWA) dengan acara Pembersihan Sampah dan Penanaman di sekitar Pulau Burung. Dari 32 orang peserta terkumpul sebanyak 224,5 kilogram sampah dengan klasifikasi sampah non organik (kantong plastik, botol plastik dan kaca, kaleng dll). Sampah yang telah terkumpul di buang panitia pelaksana ke TPA Sungai Dua kabupaten Tanah Bumbu. 

2-2021-03-29 at 14.52.54

Acara dihadiri Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi M.Sc beserta jajarannya, Ketua DWP Balai KSDA Kalimantan Selatan Ibu Dr. Hj. Fatimah Ahmad Mahrus, M.Si., Kepala Desa Pulau Burung Bapak Saidina serta Kaur Pemerintahan Bapak Elmi.

3-2021-03-29 at 14.53.37

Muhammad Tejar Kepala Resort TWA Pulau Burung Pulau Suwangi sekaligus ketua panitia acara ini berharap dari kegiatan ini bisa meningkatkan pengelolaan kawasan untuk daya tarik wisata. Kepala Desa Bapak Saidina mengharapkan agar kegiatan bersih bersih ini mejadi kegiatan yang berkelanjutan. Kepala Balai Dr. Mahrus Aryadi menyampaikan didalam kegiatan ini merupakan  salah satu sinergi hubungan antara BKSDA dan Masyarakat untuk terus menjalin tali silaturahmi agar TWA Busuwa bisa berkembang pesat.

TWA Pulau Burung Pulau Suwangi mulai berkembang menjadi salah satu contoh untuk daerah lain dalam meningkatkan nilai wisata di setiap daerah, dan pada kesempatan ini Ketua DWP BKSDA Ibu Fatimah menawarkan untuk memberikan pelatihan kepada para ibu-ibu setempat untuk dilatih menanam sayuran hidroponik sehingga nanti para pengunjung selain menikmati indahnya alam pulau burung pulau suwangi bisa berwisata panen sayur yang telah dikelola ibu-ibu disana.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan pembagian hadiah untuk pengumpul sampah terberat dan juga hadiah doorprize, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. (ryn)

Sumber : Muhammad Tejar - Kepala Resort TWA Busuwa Balai KSDA Kalimantan Selatan  

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini