Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau Lepasliarkan Buaya Ke Habitatnya

Selasa, 23 Maret 2021

Pekanbaru,  23 Maret 2021 - Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau, Bidang KSDA Wilayah I melakukan pelepasliaran Buaya ke habitatnya pada Senin malam, 22 Maret 2021. Buaya diperoleh dari evakuasi satwa yang merupakan penyerahan warga Desa Jake, Kec.Kuantan Tengah, Kab.Kuansing.

Berdasarkan keterangan, kejadian bermula saat pak Helpi (warga desa Jake) membersihkan kebun sawit miliknya. Tiba tiba terdengar suara hempasan di dalam parit sekitar kebunnya. Beliau terkejut saat dilihatnya ada seekor Buaya. Dengan penuh kehati-hatian, beliau bersama temannya menangkap satwa tersebut dan membawanya ke pondok kebun sawitnya untuk diamankan. Kejadian segera dilaporkan ke Balai Besar KSDA Riau melalui seorang kenalannya yang bernama  Wirman.

Tim Rescue dari Resort Bukit Rimbang, Bidang KSDA Wilayah I didampingi dua personil Polsek Teluk Kuantan segera menuju lokasi untuk mengevakuasi satwa Buaya tersebut. Hasil identifikasi yaitu satwa jenis Buaya senyulong (Tomistoma schlegelii), berumur sekitar 4 tahun, berkelamin betina dengan panjang sekitar 2 meter.

Di saat yang sama, Tim juga memberikan sosialisasi kepada warga sekitar lokasi bahwa satwa tersebut adalah satwa dilindungi. Tim berharap untuk kedepannya agar selalu berkomunikasi dengan Tim Balai Besar KSDA Riau dalam penanganan satwa dan tidak bertindak anarkis.

Dikarenakan satwa dalam kondisi sehat dan tidak terdapat luka, maka Tim segera membawa Buaya tersebut untuk dilepasliarkan ke habitatnya yang jauh dari pemukiman penduduk.

Terima kasih pak Helpi, Wirman dan warga Desa Jake, Kuansing.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini