Dukungan Percepatan Pengembangan TN Tambora dari Kemenko PMK

Selasa, 11 Juli 2017

Jakarta, 11 Juli 2017. Kementerian Koordinator Bidangn Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko.PMK) komitmen mendorong perkembangan Taman Nasional Tambora. Komitmen tersebut diwujudkan melalui rencana pembentukan kelompok kerja (POKJA) percepatan pengembangan kawasan Tambora. Rapat koordinasi pembentukan POKJA percepatan pengembangan kawasan Tambora yang terselenggara pada hari selasa 11 Juli 2017 di Ruang Rapat Kemenko PMK yang merupakan tindaklanjut rapat koordinasi sebelumnya (14 Juni 2017).

Rapat koordinasi yang difasilitasi Kemenko. PMK tersebut dipimpin langsung Asisten Deputi Pemeberdayaan Kawasan Strategis dan Khusus(Wijanarko Setyawan). Rakor tersebut dihadiri perwakilan dari beberapa kementerian terkait, antara lain : Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Kementerian Pariwisata, Kementerian Pertanian, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR), Kementerian Desa  PDTT, Kementerian Pekerjaan Umum dan Panataan Ruang (PUPR) serta Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

Dalam kesempatan tersebut, pihak Balai Taman Nasional Tambora mengapresiasi upaya Kemenko PMK untuk mempercepat pengembangan kawasan Tambora. Kesempatan tersebut tidak disia-siakan Balai Taman Nasional Tambora untuk memaparkan rencana pengembangan Taman Nasional Tambora. Sesuai masterplan pengembangan pariwisata alam Taman Nasional Tambora akan dikembangkan wisata pendakian yang unggul dan kompetitif melalui upaya penyediaan sarana pengelolaan dan sarana wisata yang memadai dilengkapi dengan atraksi wisata edukasi dan wisata tirta yang cukup menarik.

Selain itu, pada kesempatan tersebut Kementerian PUPR berkomitmen untuk mendukung pengembangan infrastrutur pendukung dalam rangka pengembangan kawasan Tambora melalui koordinasi yang intensif antara Kementerian PUPR, Kementerian Pariwisata dan Kementerian Perhubungan. Tim percepatan pengembangan kawasan Tambora memiliki peran mensinergikan program/kegiatan antar kementerian lembaga yang diarahkan untuk pengembangan kawasan Tambora. Selanjutnya tim percepatan ini akan melakukan rapat lanjutan yang akan memahas terkait identifikasi rencana program/kegiatan yang akan dikembangkan sesuai tata waktu yang disepakati. Rapat lanjutan tersebut dijadwal akan diselenggarakan pada minggu ke 4 bulan Juli 2017.

“The Sound From Caldera’

Sumber Info : Balai TN Tambora

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini