Dirjen KSDAE Resmikan Resort Model RBM Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Jumat, 07 Juli 2017

Malang, 7 Juli 2017. Dalam agenda kunjungan lapangan ke TN Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Dirjen KSDAE Ir. Wiratno, M.Sc meresmikan Resort Model RBM TNBTS yang bertempat di Resort Coban Trisula, SPTN II Tumpang, Bidang PTN Wilayah I Pasuruan.

Dalam kesempatan kali ini sekaligus diresmikan 8 Resort Model dari total 12 Resort yang ada di TNBTS. Resort Model yang diresmikan tersebut adalah Resort Coban Trisula, , Resort Patok Picis, Resort Taman Satriyan, Resort Jabung , Resort Ranupani, Resort Senduro, Resort Pasrujambe dan Resort Darungan.

Dirjen KSDAE menyampaikan bahwa para kepala resort beserta jajarannya, Polhut, PEH, Penyuluh serta staf yang lainnya adalah ujung tombak pengelola kawasan di lapangan. RBM bisa saja hanya menjadi istilah atau nama saja, tetapi yang lebih penting adalah roh/hakekat nya, yaitu dengan hadir di lapangan, bekerja dengan ikhlas menjaga hutan dan alam yang telah dititipkan oleh Tuhan kepada kita. Dirjen juga berpesan kepada seluruh jajaran pengelola TNBTS untuk selalu kompak, semangat dan ikhlas dalam bekerja.

TNBTS mempunyai tipologi Resort dengan potensi yang bermacam-macam, seperti wisata alam,  keanekaragaman hayati yang tinggi, sumber air dan ekosistem yang unik. Maka pengelolaannya pun tidak bisa dilakukan sendiri, harus bersinergi dengan masyarakat, dengan pemangku adat dan para pihak di sekitar kawasan.

Peresmian Resort Model RBM ini bukanlah menjadi sebuah awal langkah pengelolaan, namun melanjutkan semangat pengelolaan di tingkat tapak dengan terus melakukan optimalisasi kegiatan-kegiatan konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya.

Sumber Info : Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini