Meru Betiri Service Camp

Senin, 21 Desember 2020

Jember, 21 Desember 2020. Pandemi Covid-19 membuat pelaksanaan kegiatan Meru Betiri Service Camp (MBSC) tahun ini mengalami tarik ulur dalam pelaksanaannya. Akhirnya disepakati kegiatan MBSC ke XXI tahun 2020 dilaksanakan tanggal 18 s/d 21 desember 2020 di wilayah kerja Resort Sanenrejo, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Ambulu Balai Taman Nasional Meru Betiri. Sesuai protokol kesehatan maka peserta dibatasi sebanyak 26 peserta yang berasal dari mahasiswa jember serta masyarakat sekitar kawasan hutan di Desa Sanenrejo. Menurut ketua panitia hal itu untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Selain itu peserta juga diwajibkan membawa surat bebas Covid-19 dengan menunjukkan hasil rapid test non reaktif.

Dengan mengusung tema “Hidup Harmoni Dengan Alam” kegiatan MBSC XXI diisi dengan kegiatan pembekalan materi antara lain Pengenalan TN Meru Betiri, Keorganisasian, Flora Fauna Indonesia, Kehutanan Umum, KSDAE dan PRA. Tujuan diberikannya materi tersebut agar perserta memahami dan mengenali bersikap kritis terhadap fenomena yang ada saat ini tentang konservasi serta mampu mengenali potensi yang ada di TN Meru Betiri khususnya wilayah kerja Resort Sanenrejo.

Kepala SPTN II Ambulu Ir. Agust Dwiandono dalam sambutannya mengatakan kegiatan MBSC ini harus terus dilaksanakan secara berkelanjutan sebagai wadah penanaman nilai-nilai konservasi bagi masyarakat.

“Peserta juga diharapkan selalu mematuhi prokes dengan 3M dan ikut mensukseskan kegiatan Pemulihan Ekosistem di TN Meru Betiri karena  sebagian besar peserta adalah masyarakat sekitar” kata Agust.

Puncak Acara MBSC XXI dilakukan dengan penanaman pada lahan rehabilitasi dengan jumlah bibit sebanyak 500 batang yang terdiri dari duwet, kelengkeng, matoa, dan asem. Dipilihnya jenis-jenis bibit ini diharapkan kedepannya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar kawasan. Serta dapat memicu masyarakat sekitar agar gemar melakukan penanaman demi hutan lestasi.

Sumber : Balai Taman Nasional Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini