Melihat Pemberdayaan Masyarakat di Dusun Peipei TN Siberut

Senin, 21 Desember 2020

Peipei, 21 Desember 2020. Minggu yang lalu tepatnya pada tanggal 13 Desember 2020, Kepala Balai Taman Nasional Siberut, Lugi Hartanto, beserta Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I mengunjungi Dusun Peipei yang merupakan salah satu dusun yang berada di dalam kawasan taman nasional. Dusun Peipei berada di Desa Pasakiat Tailelelu, Kecamatan Siberut Barat Daya. Perjalanan menuju Dusun Peipei dimulai dengan rombongan berangkat dari kantor SPTN Wilayah I yang berada di Meileppet, Kecamatan Siberut Selatan. Perjalanan laut yang  ditempuh dengan menggunakan speed boat dengan jarak tempuh lebih kurang dua jam. Selama perjalanan kondisi perairan laut cenderung berombak dengan intensitas gelombang sedang hingga besar.

Setibanya di Dusun Peipei, Kepala Balai beserta rombongan bertemu dengan pihak pemerintah kecamatan Siberut Barat Daya yang juga berkantor disana. Kunjungan kerja ini dilaksanakan dalam rangka penguatan fungsi taman nasional mengingat Kecamatan Siberut Barat Daya yang sebagian besar wilayahnya merupakan kawasan Taman Nasional Siberut, sehingga perlu menjadi perhatian bersama baik bagi pemerintah kecamatan maupun pihak Taman Nasional Siberut. Selama diskusi berlangsung Mateus Lajo, S.Pd. SD, selaku Camat Siberut Barat Daya dengan senang hati berdiskusi dan mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik selama ini yang telah diberikan Taman Nasional Siberut, seperti adanya kegiatan patroli rutin yang dilakukan, pemberdayaan masyarakat melalui banyak program, terkhusus dalam hal pengelolaan HHBK seperti kelapa dan sagu yang telah dibantu oleh pihak Taman Nasional di Desa Sagulubbek. Selain adanya kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan kelapa dan sagu pasca panen, Taman Nasional Siberut berkerja sama dengan masyarakat dalam upaya konservasi penyu di Desa Sagulubbek dengan membangun lokasi penetasan penyu semi permanen.

Dalam diskusii tersebut, terjalin kesepahaman antara pihak Pemerintah Kecamatan Siberut Barat Daya dan Balai Taman Nasional Siberut akan pentingnya pelestarian dan pemberdayaan masyarakat di dalam dan sekitar kawasan, mengingat masyarakat dan kawasan taman nasional menjadi satu kesatuan yang perlu disatukan dalam keharmonisan pelestarian alam. Pemerintah Kecamatan Siberut Barat Daya juga berharap kegiatan pemberdayaan masyarakat dilaksanakana secara merata pada tiga desa yaitu Desa Pasakiat Taileleu, Katurei dan Sagulubbek. Pada akhirnya pertemuan ditutup dan diakhiri dengan baik, dengan rencana pelestarian alam dan pemberdayaan masyarakat agar lebih ditingkatkan dan difokuskan bersama.

Sumber: Balai Taman Nasional Siberut

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini