Menengok Hasil Penanaman di Kebun Bibit Desa Sekitar SM Bukit Rimbang Bukit Baling

Jumat, 11 Desember 2020

Pekanbaru, 11 Desember 2020  – Petugas dari Seksi Konservasi Wilayah I Balai Besar KSDA Riau, bang Tommy Sinambela, Usgiantoro dan Rikso  sangat bersemangat melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi penanaman bibit tanaman di beberapa Kebun Bibit Desa (KBD) pada Senin, 7 Desember 2020.

Petugas bersama pihak Balai Pengelolaan DAS Indragiri Rokan melakukan kegiatan tersebut di 2 Kelompok Tani (KT) yang berada di Kab. Kampar dan merupakan penyangga kawasan Suaka Margasatwa (SM) Bukit Rimbang Bukit Baling, yaitu KT Darussalam,Desa Kuntu Darussalam, Kec.Kampar Kiri dan KT Muara Lalan, Desa Tanjung Belit, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar. KBD di semua kelompok tersebut telah mendistribusikan 100% bibit di masing-masing persemaian yang berjumlah 40.000 batang per KBD.

Petugas melakukan pemeriksaan penanaman dengan sistem uji petik terhadap 400 batang yang telah ditanam per KBD, setelah itu dilakukan juga pemeriksaan semua kelengkapan dokumen pendistribusian tanaman. Hasil pemeriksaan tersebut akan berpengaruh ke insentif tanam yang akan diberikan kepada kelompok tani. Petugas juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat bahwa program ini merupakan program Balai Pengelolaan DAS yang berkolaborasi dengan Balai Besar KSDA Riau sebagai pemangku kawasan konservasi khususnya SM.Bukit Rimbang Bukit Baling.

Diharapkan persemaian ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dari segi penjualan bibit (ke program lain atau pengedar bibit terdaftar) dan dari penanaman bibit sendiri serta dapat juga sebagai agro wisata. Semoga setelah Kelompok Tani  mendapatkan insentif penanaman, dapat digunakan sebagai modal penyediaan bibit produktif persemaian yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. #karenakonservasitakmungkinsendiri

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini